Unram Komit Naik Peringkat di Klasterisasi PT 2021
Humas Unram
Terjemahan

AmpenanNews. Untuk memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) 8, yakni Program Studi (Prodi) Berstandar Internasional, Universitas Mataram (Unram) berupaya mempersiapkan akreditasi/sertifikasi internasional, baik bagi prodi maupun institusi dengan menggelar Sosialisasi Pengembangan Akreditasi Internasional secara daring, Rabu (21/4).

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. menjelaskan akreditasi atau sertifikasi internasional merupakan parameter dalam pemeringkatan/klasterisasi perguruan tinggi.

“Oleh karena itu perlu upaya-upaya untuk mencapainya,” tegasnya.

Guru Besar Ilmu Hukum Unram ini juga mendorong prodi yang terakreditasi dengan predikat B agar melakukan reakreditasi untuk memperoleh predikat Unggul.

Rektor pun meminta agar prodi yang potensial dan siap, baik yang terakreditasi A maupun B tetap berupaya mempersiapkan diri menuju akreditasi/sertifikasi internasional.

Baca Juga :  Enam Belas Dosen CPNS Unram Terima SK Pengangkatan

“Program Studi yang sudah mendapat akreditasi dengan predikat A dapat ditingkatkan ke Unggul melalui Instrumen Suplemen Konversi.” ungkapnya.

Menurutnya pengembangan akreditasi di Unram akan diarahkan ke akreditasi nasional yang Unggul, sertifikasi internasional berupa AUN-QA untuk prodi/institusi, ISO 17025 untuk Laboratorium dan akreditasi internasional.

“Universitas Mataram telah mengalokasikan anggaran untuk 5 program studi yang potensial dan siap untuk akreditasi/sertifikasi internasional.” paparnya.

Selain kebijakan itu, ia pun menyampaikan, bahwa Unram telah membentuk Tim Akreditasi Universitas bidang Persiapan Akreditasi/Sertifikasi Internasional.

Rektor Unram ke-9 ini menilai dalam rangka mempersiapkan prodi dan institusi menuju akreditasi/sertifikasi internasional, maka Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran atau Outcome Based Education (OBE) perlu diadopsi.

Baca Juga :  Film 1.000 Cendikia, "Beasiswa NTB", Resmi Tayang di Bioskop

“Sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi, penyesuaian Sistem Penjaminan Mutu Internal dengan paradigma OBE, pemetaan kondisi awal program studi, dan asesmen kecukupan data dan dokumen yang diperlukan,” urainya.

Prodi yang potensial dan siap untuk akreditasi/sertifikasi internasional akan diberi bimbingan teknis dan pendampingan dalam menyusun dokumen dan menyelesaikan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Senada dengan rektor, Ketua LPMPP Unram Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc mengatakan ada tiga arah pengembangan akreditasi Unram dan menjelaskan dua di antaranya. Pertama, pengembangan akreditasi prodi dan institusi ke arah peringkat Unggul.

“Sehingga diharapkan teman-teman yang ada di tingkat unit pelayanan program studi untuk terus berupaya meningkatkan peringkat akreditasi ke arah Unggul, baik yang berperingkat A, B, maupun C,” sebutnya.

Baca Juga :  Fluktuasi Tembakau Ditengah Pandemi Covid-19

Kedua, pengembangan akreditasi internasional. Dia menekankan bahwa di samping pengembangan ke arah Unggul, juga perlu diupayakan menuju arah pengembangan akreditasi internasional.

Sementara itu arah pengembangan yang ketiga adalah pengembangan sertifikasi internasional melalui AUN-QA untuk prodi/institusi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments