Terjemahan

AmpenanNews. Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya pada Bulan Februari telah terjadi gempabumi sebanyak 341 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 341 kejadian tersebut terdapat 5 gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Untul kejadian gempabumi terasa terutama yang dirasakan di Wilayah Nusa Tenggara Barat dengan Intensitas II-III MMI terjadi sebanyak 5 kejadian.

BMKG Mataram memcatat, terdapat 4 gempabumi yang dirasakan di Wilayah Nusa Tenggara Barat tersebut merupakan gempabumi dengan magnitudo 3 ≤ M ≤ 5 pada tanggal 14, 18, 21 dan 23 februari 2021 dan 1 gempabumi dirasakan di Pulau Lombok dengan magnitudo M < 3 pada 24 februari 2021.

Baca Juga :  Penertiban PO, Travel Agent dan Bus Overland Luar Daerah Lombok

Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Februari 2021 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempabumi.

Uraian berdasarkan Frekuensi Kejadian Gempabumi pada bulan Februari 2021, kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 27 Februari 2021 sejumlah 24 kejadian.

Sedangkan berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan M < 3 sebanyak 219 kejadian, gempa dengan 3 ≤ M ≤ 5 sebanyak 122 kejadian dan tidak terdapat gempa dengan M > 5.

Kemudian berdasarkan kedalaman gempabumi dengan kedalaman < 60 km sebanyak 260 kejadian, gempabumi dengan 60 km ≤ D ≤ 300 km sebanyak 79 gempabumi dan terdapat 2 kejadian gempabumi untuk kedalaman > 300 Km.

Baca Juga :  Universitas Mataram Terus Perluas Kerjasama dengan Kampus Tanah Air

Untuk masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.” Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si, melalui pers rils WAG media BMKG Mataram.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments