Terjemahan

AmpenanNews. Kondisi iklim terkini, Curah hujan di NTB pada dasarian III Februari 2021 secara umum berada pada kategori menengah (51 – 150 mm per dasarian) hingga tinggi (151 – 400 mm per dasarian) sehingga masyarakat agar tetap selalu waspada potensi bencana hidrometeirologis.

Sedangkan sebaran Curah hujan kategori menengah secara umum tersebar hampir di seluruh wilayah Provinsi NTB.

Saat ini, wilayah curah hujan dengan kategori tinggi terjadi di Kabupaten Lombok Utara, sebagian Kabupaten Lombok Timur bagian utara, Kabupaten Lombok Barat bagian selatan, wilayah Kabupaten Sumbawa bagian barat, serta sebagian kecil Kabupaten Dompu dan Bima.

Curah Hujan tertinggi terjadi pada pos hujan Hu’u di Kabupaten Dompu, dengan jumlah curah hujan 391 mm/dasarian.

Baca Juga :  Herman. A.Md. Sambut Baik Usulan Menteri BUMN Bunga 0% untuk Usaha Mikro

Perlu diketahui, sifat hujan pada dasarian III Februari 2021 didominasi oleh Atas Normal (AN) yang terjadi merata di seluruh wilayah Provinsi NTB.

Dari Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya masih ada hujan sampai dengan tanggal updating hingga dalam kategori sangat pendek (1 – 5 hari) .

*KONDISI DINAMIKA ATMOSFER*
Kemudian kondisi dinamika atmosfer, Indeks ENSO saat ini masih menunjukkan kondisi La Nina, dan diprediksi masih bertahan hingga bulan Mei 2021.

Indeks Dipole Mode saat ini berada pada kategori Netral dan diprediksi akan tetap Netral hingga Mei 2021. Saat ini, angin baratan secara umum mendominasi wilayah Indonesia.

Pergerakan MJO saat ini terpantau aktif di Benua Maritim dan diprakirakan akan tetap aktif hingga dasarian I Maret 2021, masih dominannya angin baratan di wilayah Indonesia termasuk NTB, mengakibatkan peningkatan curah hujan hingga Maret 2021.

Baca Juga :  Peringatan HUT TNI ke-75, Pemkab Lotim Gelar Apel Tiga Pilar

Peluang curah hujan pada dasarian I Maret 2021, diprakirakan masih terdapat peluang curah hujan >20 mm/dasarian dan > 50 mm/dasarian yang sangat tinggi, yaitu sebesar > 90% yang hampir merata di seluruh wilayah NTB.

Dampak saat puncak musim hujan, pertemuan dan belokan angin terjadi di sekitar wilayah NTB, masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya perubahan cuaca secara tiba – tiba seperti adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang serta gelombang tinggi.

“Masyarakat juga dihimbau untuk selalu memperhatikan dan mengupdate informasi BMKG terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Info lebih lanjut mengenai Informasi Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 081917465601 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id.” Kata Restu Patria Megantara, SST & Ni Made Adi P, S.Tr. BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, melalui pers rilisnya pada WAG Media BMKG.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments