Terjemahan

AmpenanNews. Program Kampung Sehat NTB yang diinisiasi Polda NTB, dalam upaya mitigasi sekaligus menekan Covid-19 telah usai. Hal itu ditandai dengan penganugerahan Awards Kampung Sehat NTB 2020, yang mendudukkan Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur sebagai Terbaik I.

Kapolda NTB melalui Kabid Humas Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si., Rabu (11/11), mengungkapkan bahwa berdasarkan penilaian tim juri independen dari dua perguruan tinggi negeri (PTN) yang ditunjuk, Desa Kembang Kuning dinilai sebagai desa yang telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

“Lomba Kampung Sehat yang mengusung jargon ‘Nurut Tatanan Baru’, yang akronimnya sama dengan akronim Nusa Tenggara Barat yakni NTB ini, memakai tim juri independen dari Unram dan UIN Mataram. Artinya, penetapan Desa Kembang Kuning sebagai Terbaik Pertama itu bukan rekayasa, tapi karena memang sudah sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditentukan atau dipersyaratkan,” ungkap Kabid Humas Polda NTB.

Baca Juga :  Satgas Percepatan Penanggulangan Covid di Daerah NTB

Dikatakan, seperti yang telah ditayangkan langsung saat acara Anugerah Awards Kampung Sehat NTB 2020, Senin (9/11), di Ballroom Kila Beach Hotels Senggigi Lombok Barat, dibandingkan desa-desa peserta Lomba Kampung Sehat NTB yang lain, Kembang Kuning mendapat nilai tertinggi termasuk dengan dua nominator terbaik.

“Secara umum Desa Kembang Kuning mendapatkan nilai tertinggi dan merata di semua indikator, baik itu indikator kelembagaan, kesehatan, sosial ekonomi, dan indikator kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat, red),” katanya.

Untuk diketahui, Desa Kembang Kuning sebagai peraih Terbaik I Lomba Kampung Sehat NTB dari sisi kelembagaan, telah memiliki peraturan desa (Perdes) yang cukup memadai sebagai dasar hukum, dalam kebijakan indikator kesehatan, keamanan, dan sosial ekonomi termasuk dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Pembunuhan Akhirnya Serahkan Diri ke Babinsa Koramil Donggo

Di bidang kesehatan, sistem yang dikembangkan telah berjalan efektif terutama sistem pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

“Pun di bidang sosial ekonomi, desa ini banyak memiliki inovasi dalam pengembangan ekonomi, khususnya melalui inovasi desa wisata yang dibarengi dengan terobosan di bidang BUMDes (Badan Usaha Milik Desa, red) yang berkembang cukup pesat,” jelas Kombes Artanto.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa di bidang kamtibmas, Desa Kembang Kuning telah dengan ketat mengembangkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Bahkan dalam penanganan kasus ringan, di Desa Kembang Kuning lebih mengedepankan diselesaikan melalui meknisme restorative justice.

Demikian beberapa keunggulan Desa Kembang Kuning, sehingga mampu menyisihkan ratusan peserta Lomba Kampung Sehat NTB lain, dan menempatkan diri di posisi Terbaik I sesuai hasil penilaian tim juri.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments