Wabup Ingatkan Ormas yang Belum Melapor


AmpenanNews. Peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) diharapkan dapat semakin ditingkatkan pada masa pandemi. Hal ini disampaikan Wakil Bupati ( Wabup ) Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ormas sangat di harapkan dapat mendukung Pemerintah dalam upaya sosialisasi serta revitaliasi kondisi sosial ekonomi masyarakat. dan hal tersebut menjadi poin penting dalam penyampaian Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj, pada acara pembukaan Sosialisasi Pembinaan Ormas di Kabupaten Lombok Timur tahun 2020, Rabu (30/09).

Ormas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dinilai Wabup memiliki peran penting dalam upaya sosialiasi dampak covid-19 dan upaya pencegah yang dapat dilakukan menekan laju penyebarannya

“Pada masa pandemi ini, Pemerintah terus berupaya untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, utamanya dari bawah”

Upaya peningkatan perekonomian nasyarakat tersebut dilakukan melalui program Lombok Timur Berkembang sebagai salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Program yang memberikan subsidi bunga untuk kredit usaha rakyat (KUR) ini diharapkan dapat menyokong usaha ekonomi masyarakat, tidak saja pada masa pandemi melainkan secara berkesinambungan di masa-masa mendatang.

Wabup juga mengingatkan agar Ormas dapat menguatkan internalnya, dengan mencegah konflik internal yang dapat memicu disharmonisasi masyarakat, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Ia juga meminta agar Ormas mendalami undang-undang Ormas untuk memahami dan mencegah disharmonisasi dalam internal Ormas.

“Dari 371 jumlah ormas yang ada, 228 Ormas belum melaporkan diri”

Mengingat posisi strategis Ormas sebagai mitra Pemerintah, Wabup menyayangkan kondisi tersebut. Karenanya Wabup meminta agar Ormas dapat segera melaporkan diri termasuk memenuhi regulasi yang ada.

Sosialisasi Pembinaan Ormas yang mengambil tema “Revitalisasi Peran dan Fungsi Organisasi Kemasyarakatan Menuju Terwujudnya Lombok Timur Adil, sejahtera, dan Aman tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi Ormas dalam perannya sebagai mitra Pemerintah, utamanya pada masa pandemi covid-19.

Kegiatan yang dilasanakan oleh Bakesbangpoldagri Lombok Timur tersebut di ikuti oleh 80 Ormas, Pondok Pesantren, Organisasi Kemahasiswaan, termasuk Camat, Lurah dan Kades yang ada di Lombok Timur.

Acara ini di hadiri kasubdit kemitraan dan pemberdayaan Ormas mewakili Direktur Ormas Kemendagri RI, Kepala Kesbangpoldagri Prov. NTB, serta Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close