Posal Selat Alas Pantau Pemasangan Rambu Suar


AmpenanNews. Pos TNI AL ( Posal ) Selat Alas dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Syahbandar Lombok timur, melakukan pengawasan pemasangan Lampu Rambu Suar yang dilaksanakan oleh PT. Tepian Ayu Jakarta. Minggu (9/8/2020).

Pengawasan pemasangan lampu rambu suar pada sabtu pagi hingga sore tanggal 8 Agustus 2020 di sekitar perairan Dermaga PLTU, PT. Lombok Energy Dynamic (LED), Lombok Timur, oleh PT. Tepian Ayu Jakarta.

Pemasangan lampu rambu suar dipasang oleh PT. Tepian Ayu Jakarta sebanyak 3 (tiga) unit dengan menggunakan sarana 1 (satu) kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) Raymond.

Lampu rambu suar merupakan salah satu alat perambuan navigasi yang dibutuhkan bagi lalu lintas kapal di perairan.

“Selain memberikan sinyal cahaya tanda aman, juga memberikan sinyal cahaya tanda bahaya”, kata Danlanal Mataram ditempat yang berbeda.

“Ketiga jenis Lampu rambu suar tersebut memiliki arti dan posisi yang berbeda”,Tuturnya.

Disampaikan Letda Laut (P) Marjun Susanto (Danposal Selat Alas) kepada Kolonel Laut (P) Suratun. S.H., (Danlanal Mataram) dalam Laporan tertulisnya,  jenis dan posisi lampu rambu suar yang dipasang sebagai berikut; Lampu suar merah dengan posisi 08⁰26’17.50″ LS / 116⁰42’58.50″ BT, Lampu suar hijau dengan posisi 08⁰25’45.20″ LS / 116⁰42’46.30″ BT, Lampu suar Merah Putih Melajur Tegak (MPMT) dengan posisi 08⁰25’58.50″ LS / 116⁰43’11.80″ BT.

Ini akan kita jadikan catatan dan melaporkan ke Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) sebagai penandaan dalam peta laut. Tutur Kolonel Laut (P) Suratun, S.H.

“Pushidrosal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI
maupun umum, dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.” Ungkap Danlanal Mataram. (Pen Lanal Mataram)


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close