Terjemahan

AmpenanNews. Balai Media merupakan salah satu cara memberikan akses kepada warga masyarakat dalam penyelesaian sengketa ditingkat bawah melalui mediasi.

Polsek Sekotong dan Camat Sekotong serta sejumlah instansi terkait, mengelar kegiatan silaturrahmi dan koordinasi terkait menindak lanjuti surat pengurus balai mediasi Kabupaten Lombok Barat, yang berlangsung di ruang Camat Sekotong, Rabu ( 22 /7/2020).

Ketua Balai Mediasi Lombok Barat, L. Supratman, mengatakan, kegiatan silaturrahmi dan koordinasi ini dilakukan, bahwa balai mediasi tersebut nantinya digunakan untuk musyawarah, yang hasil musyawarah akan dibuatkan suatu kesepakatan perdamaian.

” Untuk anggota Balai mediasi di Kabupaten Lombok Barat yang telah dikukuhkan pada tanggal 18 juli 2020 tersebut berjumlah 18 orang. “ jelasnya.

Baca Juga :  Hari Ini Lombok Barat Terima Bendera Pataka

Kapolsek Sekotong IPTU I Kadek Sumerta SH, menyambut baik dengan adanya balai mediasi yang dibentuk di Kecamatan Sekotong, hal itu nantinya dapat membantu tugas pihak kepolisian khususnya Polsek sekotong.

Terlebih kasus ringan seperti permasalahan permasalah keluarga, masalah warisan dapat diselesaiakn di balai mediasi.

“Kami sangat menyabut baik adanya Balai Mediasi ini, penyelesaian kasus-kasus ringan dan harapan kami semoga ini dapat disegerakan, untuk memudahkan persoalan-persoalan ditingkat bawah sebelum di bawa ke ranah Hukum atau Pengadilan ,”ucapnya Kapolsek Sekotong ,

Camat Sekotong H.Toni, merespon baik Balai Mediasi ini terbentuk karena bisa meyelesaikan permasalahan di tingkat bawah dan tidak serta Merta langsung melambung ketingkat atas kemudian terkait perkara perdata.

Baca Juga :  Kapolda NTB Hadiri Rakor Penangan Covid-19 Di Pendopo Walikota Mataram

“Saya berharap semua permasalahan yang bisa diselesaikan di Balai Mediasi dan tidak langsung keranah hukum. Di Balai Mediasi ini juga nantinya dapat digunakan untuk pelatihan.” ujarnya.

Sementara itu salah seorang perwakilan KUA mengatakan, Balai Mediasi ini sangat membantu kami jika nantinya mampu juga di gunakan sebagai balai nikah, dan mediasi terkait pernikahan dini yang sering terjadi di usia dini, ini sering terjadi permasalahan dan nantinya bisa kita arahkan ke Balai Mediasi.

Adapun hasil dari kegiatan silaturrahmi dan koordinasi yaitu, Menyegerakan untuk menyiapkan wadah Balai Mediasi di tingkat Kecamatan maupun Desa.

Sedangkan untuk mediator ditingkat Desa adalah Mediator yang sudah bersertifikat dan terlatih, mampu dianggap netral dalam mengambil keputusan yang nantinya, didampingi oleh tokoh Agama dan Masyarakat serta dari Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa setempat.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments