Terjemahan

Ampenan News. Antusias mengikuti kegiatan outbound, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah menjanjikan semua Dinas Dukcapil Kabupaten/ Kota se Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperoleh ganjaran.

Ganjaran tersebut berupa jatah keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik untuk setiap Kabupaten/ Kota se Nusa Tenggara Barat.

“Ada dua puluh ribu saya siapkan. Setiap Kabupaten/ Kota memperoleh dua ribu keping. Silahkan ambil hari Senin,” ujar Zudan usai acara keakraban api unggun, Sabtu (9/11/2019).

Keping KTP Elektronik tersebut tidak perlu diambil ke kantor kementerian di Jakarta tapi cukup diambil di Kantor PMD Dukcapil Provinsi NTB di Mataram.

Baca Juga :  Kadispar, Pengelolan Taman Wisata Labuhan Haji Oleh Perusahan dari Jakarta

“Silahkan masing-masing ambil di Kantor Dukcapil Provinsi,” ujar Zudan.

Untuk itu, Zudan meminta pihak Provinsi NTB untuk pro aktif mengambil ke kantor Dirjen Dukcapil di Jakarta.

“Alhamdulillah bisa mempermudah kami karena tidak perlu sampai ke Jakarta untuk mengambil blangko itu,” ujar salah seorang operator peserta outbound dari sebuah Kabupaten.

Persoalan keping blangko KTP adalah persoalan utama dalam pelayanan cepat pencetakan KTP elektronik.

“Ini masalah klasik yang membuat warga masyarakat tidak bisa cepat memperoleh KTP,” terang Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, H. Muridun.

Pihaknya, aku Muridun, rata-rata hanya bisa memperoleh lima ratus keping setiap mengambil jatah ke Kementerian di Jakarta.

Sebagai jalan keluar, imbuhnya, pihaknya hanya bisa mengeluarkan Surat Keterangan sebagai KTP.

Baca Juga :  Kepala Penerangan Kompak Kunjungi Trans Media

“Tapi fungsinya sama dengan KTP. Bisa dipergunakan untuk segala kebutuhan yang membutuhkan administrasi kependudukan,” ujar Muridun.

Di Lombok Barat sendiri, cakupan pembuatan KTP sudah mencapai 97 persen dari 255 ribu lebih warga wajib KTP.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif menjanjikan keping KTP itu saat menghadiri Malam Keakraban Api Unggun Outbound. Outbound itu sekaligus menjadi lounching Dukcapil Go Digital dan Zero Waste.

Outbound itu diikuti oleh 283 orang aparatur Dinas Dukcapil se Provinsi NTB dan dihadiri oleh sebagian besar Kepala Dinas Dukcapil se-NTB beserta staff, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi NTB Dr. Azhari, dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Kegiatan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 9-10 November 2019 di Bumi Perkemahan Khasri Desa Sesaot Narmada Lombok Barat. Anr.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments