Terjemahan

Ampenan Nesws. Hari Minggu, 14 Juli 2019, pukul 13:39:24 WITA, wilayah laut di sebelah utara Australia Barat diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 18,24 LS dan 120,3 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 878 km arah selatan Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah laut di Australia Barat ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (strike-slip fault). Gempa barat laut australia ini tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG seperti: PLAI (Plampang) pukul 13:41:42 WITA, WBSI (Waikabubak) pukul 13:41:26 WITA , WSI (Waingapu) pukul 13:41:27 WITA , KLNI (Lombok) 13:41:52 WITA, BATI (Kupang) pukul 13:41:30 WITA.

Baca Juga :  Gempa Guncang Lombok Dua Kali

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Bima dalam skala intensitas III MMI dan Mataram II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 14:04 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan. Mohon cermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempabumi.

Baca Juga :  Warga Pemilik Lahan MotoGP KEK Mandalika Melapor ke Komnas Ham

” Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal
komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau @infobmkg.” Sambung Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto. AL007


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments