Bagian RPJPD dan RKPD 2025 Lotim Optimis Menata Masa Depan
Terjemahan

AmpenanNews. Bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025 – 2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di kabupaten Lombok Timur, Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengingatkan untuk optimis menata masa depan. Hal itu disampaikannya pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lotim Tahun 2025 – 2045 dan musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis (18/4) bertempat di Pendopo Bupati.

Pj. Bupati membedah tema RPJPD 2025-2045 yaitu Mewujudkan Lombok Timur Yang Maju, Sejahtera, Berbudaya dan Berkelanjutan, dengan memberikan penekanan awal terhadap kata “berkelanjutan”. Ia menyebut nilai tersebut untuk memastikan dari waktu ke waktu daerah ini terus mengalami kemajuan.

Baca Juga :  Lapas Kelas llB Selong Melepaskan Satu Warga Binaan

Ia pun menyinggung ke-khasan pembangunan di Lombok Timur salah satunya ditandai dengan indeks gini rasio atau kesenjangan antara penduduk kaya dan miskin yang dinilai kecil. Selain itu karena pembentuk PDRB Lombok Timur bersumber dari sektor pertanian maka pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan yang pelan tapi pasti. Namun demikian, melihat kemajuan sektor pertanian melalui hilirisasi, ia optimis perkembangan sektor pertanian akan menjadi penyumbang PDRB yang luar biasa. Pertanian yang maju tersebut, tegasnya, akan dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat.

Ia pun berpesan kepada Kepala Bappeda untuk membuka pintu partisipasi seluas-luasnya usulan sebelum nantinya dibahas bersama DPRD.

Sementara itu Kepala Bappeda Zaidar Rohman menyampaikan capaian RPJPD 2005-2025 maupun RPJMD 2018-2024 yang mencatatkan kemajuan, namun masih ada pula yang membutuhkan kerja keras untuk menuntaskannya. Terkait RPJPD 2025-2045, ia menegaskan keselarasannya dengan visi misi Provinsi NTB maupun pemerintah pusat.

Baca Juga :  LKKS Lotim Bekerjasama dengan Bank NTB Syari'ah

Ketua DPRD Murnan yang menyampaikan pokok-pokok pirkiran DPRD mengingatkan mulai dari sektor ekonomi yang juga terkait dengan pengangguran, pembenahan regulasi, hingga peningkatan mutu pendidikan, kesehatan, hingga pembangunan infrastruktur dan persoalan sosial. Terakhir ia mengingatkan untuk membangun sinergi dan kolaborasi baik antar OPD, kemitraan dan kerja sama antara unsur penyelenggara pemerintahan daerah, NGO dengan DPRD.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara Musrenbang RPJPD Lotim tahun 2025 – 2045 dan Musrenbang RKPD tahun 2025 secara simbolis yang dilanjutkan dengan pembahasan klinis RPJPD maupun RKPD. Kegiatan diikuti berbagai unsur dan mitra kerja pemerintah.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments