LPM UIN Mataram Menyelenggarakan Pendamping Sertifikasi ISO
Terjemahan

AmpenanNews. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Mataram menyelenggarakan pendampingan sertifikasi International Standart Organization (ISO). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Studio, Gedung Trainig Center daru tanggal 26 sampai dengan 28 Februari 2024 dengan menghadirkan Prof. Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo sebagai narasumber. pada tanggal 26 Februari 2024.

Kegiatan pendampingan ISO diikuti oleh 85 orang terdiri dari unsur Rektorat, Dekanat, Kepala Lembaga dan Unit, Kepala Laboratorium, dan Koordinator Gugus Mutu di lingkungan UIN Mataram.

Dalam sambutannya Ketua LPM UIN Mataram Prof. Dr. Winengan, M.Si menyampaikan pendampingan ISO ini sudah memasuki tahapan ke tiga. Tahapan pertama adalah excekutive brisiling dan tahapan kedua adalah diagnostic assesment. Kedua tahapan ini sudah kita lalui dengan pendampingan secara intensif oleh Prof. Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo.

” Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Prof Sugeng yang berkenan mendampingi kami dalam proses pembuatan ISO ini,” ungkap Winengan dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pemkab Lotim Distribusikan Masker Gratis ke Masyarakat

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun yang merupakan Ketua PWNU Provinsi NTB dalam sambutannya memberi apresiasi yang tinggi atas kegiatan pendampingan ISO UIN Mataram yang diselenggarakan oleh LPM UIN Mataram.

Prof Masnun menyampaikan, kita sedang memperkuat tata kelola dan capacity building UIN Mataram. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk terus berbenah sambil memperkuat jejaring dengan seluruh stakeholders terutama stakeholders eksternal.

” Jika kampus kita sudah memiliki tata kelola dan capacity building yang hebat maka kampus kita akan menjadi destinasi pendidikan dan destinasi akademik yang unik dan menarik minat masyarakat,” pungkas Rektor UIN Mataram.

Bersamaan dengan itu, lanjutnya, kita juga terus meningkatkan kapasitas SPI (satndar pengendalian internal) sehingga terbanguna Good University Governance (GUG) yang lebih cepat dan dengan GUG maka semangat kerja kita terus lebih baik,.

Baca Juga :  Kodim 1615/Lotim Gelar Pelatihan Editing

” Setidaknya ada lima pilar GUG yang menjadi perhatian kita dalam tata Kelola dan tata pamong di UIN Mataram terang TGH Masnun, yakni kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, dan berkeadilan. Mohon prinsip-prinsip ini kita injeksi dalam tata kelola dan tata pamong pada seluruh fakultas, unit, dan lembaga, ” imbuh Rektor UIN Mataram.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo yang tampil sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan itu menyampaikan ISO yang kita pakai ini adalah ISO 21001. Ini merupakan ISO dengan standar melintasi batas negara.

” Tujuan ISO ini adalah untuk menjaga konsistensi proses manajemen organisasi kita selama 5 sampai 8 tahun. Proses manajemen harus kita jaga agar manajemen kita konsisten dengan asumsi bahwa proses yang baik memberi hasil yang baik,” ungkap Prof Sugeng.

Baca Juga :  DPP Peradah Indonesia NTB Siap Menggelar Ajang Seni Baleganjur

Manfaat ISO 21001 adalah dalam mendukung tata kelola sehingga ISO ini sangat mendukung penyelesaian akreditasi perguruan tinggi maupun akreditasi program studi.

Prof. Sugeng juga mengungkapkan sejumlah alasan menggunakan ISO 21001 yakni: standar yang dirancang dalam ISO ini sangat luas dapat diterapkan pada semua jenis organisasi, standar dalam ISO ini sudah dikenal luas di semua negara,

” Standar dalam ISO ini dapat digunakan sebagai standar pembelajaran, standar dalam ISO ini berpusat pada kepuasan stakeholders, dan standar dalam ISO ini ukurannya pada keberlanjutan organisasi,” tutup Prof Sugeng.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments