UIN Mataram Dipercaya Menyelenggarakan Program Persiapan Beasiswa untuk Pondok Pesantren
Terjemahan

AmpenanNews. Program Persiapan Studi Lanjutan(PPSL) belum berakhir, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram kembali dipercaya menyelenggarakan Program Persiapan Beasiswa untuk kalangan Pondok Pesantren. Seiring dengan semangat untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten di Perguruan Tinggi Agama Islam.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. TGH. Masnusn Tahir, MA melalui pers rilisnya, tentunya, dengan dukungan penuh bersama para para pejabat dan semua civitas akademika,.

” Maka UIN Mataram akan sukses menyelenggarakan program pelatihan ini dan selanjutnya UIN Mataram akan terus mendapatkan kepercayaan dan menjadi mitra pemerintah pusat dalam peningkatan sumber daya manusia,” ungkap Guru Nun sapaan Rektor UIN Mataram

Baca Juga :  Irjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim Memberikan Pembinaan Kepada ASN UIN Mataram

Kementerian Agama Republik Indonesia melaui program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) menyelenggarakan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) yang didanai Kementerian keuangan melalui LPDP ini diselenggarakan di beberapa Perguruan Tinggi Islam Negeri, salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Mataram.

Melalui Dr. Mahrus, M.Ag, Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, menyampaikan bahwa Peserta PPSL di UIN Mataram yang berjumlah 14 orang adalah para peserta yang berasal dari berbagai PTKIN/S di Indonesia untuk persiapan studi lanjut S3 ke luar negeri.

” Sampai memasuki minggu ke Sembilan, pelaksanaan PPSL di UIN Mataram berjalan dengan baik dan lancar dimana para peserta masih tetap menunjukkan semangat dan motivasi tinggi dalam mengikuti semua materi pelatihan yang meliputi pembuatan proposal penelitian, pelatihan IELTS, Tips untuk memperoleh beasiswa, profesionalisme dosen, dan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan,” tutur Dirjen.

Baca Juga :  Sekda Lotim Memerima Rektor Universitas Gunadarma E.S. Margiant

Dr. Mahris menambahkan, target utama dari kegiatan ini adalah semua peserta diharapkan mampu memperoleh nilai IELTS 6.5 sehingga mereka bisa mendaftar untuk beasiswa S3 ke luar negeri. Untuk itu, materi terbanyak dalam pelatihan ini adalah materi IELTS.

” Perkembangan atau progress para peserta dipantau melalui pemberian test dalam bentuk pre test dan mock test. Dari 2 kali pelaksanaan mock test terlihat perubahan kemampuan yang sigifikant dari para peserta di semua skill yang diujikan yang mencakup listening, reading, speaking dan writing,” jelasnya

Pelaksanaan PPSL di UIN Mataram akan berakhir pada tanggal 23 Februari 2024 dimana semua peserta akan mengikuti official IELTS test. Namun begitu, sebelum kegiatan PPSL ini berakhir, UIN Mataram melalui UPT Pengembangan Bahasa kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan serupa tetapi pesertanya berasal dari unsur Pondok Pesantren.

Baca Juga :  Wakil Bupati Lotim "Perpustakaan dan Arsip suatu hal yang penting

” dalam pertemuan awal yang diadakan secara daring bersama para kepala UPT Pengembangan Bahasa PTKIN penyelenggara. Program Persiapan Beasiswa ini akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2024. Ini tentu sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus tantangan buat UIN Mataram,” tutupnya.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments