HIMPAUDI Lotim Silaturrahmi dan Ramah Tamah dengan Pj Bupati
Terjemahan

AmpenanNews. Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Lombok Timur menggelar silaturrahmi dan ramah tamah dengan Pj. Bupati Lombok Timur pada Selasa, (30/1) bertempat di Pendopo Bupati Lombok Timur. Turut hadir dalam giat ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, beserta anggota HIMPAUDI. Acara tersebut juga akan dirangkaikan dengan dialog interaktif.

H. Muhammad Juaini Taofik dalam sambutannya menyampaikan direktif Menteri Pendidikan untuk berdialog dengan elemen Pendidikan yang nantinya akan menjadi acuan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang sudah mulai disusun tahun ini, “Temanya itu adalah bagaimana menyiapkan generasi Indonesia emas tahun 2045,” urainya. Menurut Pj. Bupati, di usia anak-anak memasuki PAUD merupakan golden time untuk membentuk generasi muda agar di masa depan dapat menyetarakan diri dengan masyarakat internasional. Tidak hanya fokus pada pendidikan di Sekolah Dasar, semakin ke hulu Pendidikan diterapkapkan akan semakin baik hasilnya. Untuk itu kehadiran dari guru-guru PAUD tentunya memiliki peranan yang sangat penting. Karena selain berdialog dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, maupun Ketua HIMPAUDI, Pj. Bupati juga ingin mendengarkan langsung curhat mereka.

Baca Juga :  Bagian RPJPD dan RKPD 2025 Lotim Optimis Menata Masa Depan

Ketua HIMPAUDI Lombok Timur Usman dalam laporannya menyampaikan sejak awal berdirinya HIMPAUDI hingga saat ini berbagai penghargaan sudah berhasil diraih. Terbaru, HIMPAUDI meraih peringkat pertama dari 10 Kabupaten/Kota terbanyak untuk aplikasi, dan berbagai penghargaan tingkat nasional lainnya. Selain itu Lombok Timur sendiri telah ditunjuk langsung oleh kementerian untuk menjadi server dalam Pilot Project terkait PAUD Holistik Integratif (PAUD-HI).

Berdasarkan peraturan perundangan, urusan Pendidikan, terutama PAUD masuk menjadi urusan tidak mutlak dan menjadi kewenangan pusat, namun diselenggarakan pula oleh Provinsi dan Kabupaten/kota. Memajukan PAUD butuh kolaborasi semua pihak mulai dari pemerintah, baik pusat hinnga daerah serta partisipasi dari masyarakat.

Saat ini terdapat lebih dari 500 TK di Lombok Timur dengan jumlah TK Negeri hanya 9.5% atau hanya sekitar 45 TK.

Baca Juga :  Bupati Lotim Meminta Sekolah Tidak Menutup Gerbang Bagi Siswa Terlambat

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments