Hilang Kontak 10 Tahun, PMI Dipulangkan Kemenlu dari Malaysia, Terimakasih Lalu Iqbal
Terjemahan

AmpenanNews. Kepulangan Eks Pekerja Migran Indonesia (PMI) Lalu Saleh (59) warga Desa Kateng Lombok Tengah hilang kontak selama 10 tahun yang sempat ditahan selama 9 bulan oleh pihak Imigrasi Kuala Lumpur Malaysia disambut haru bahagia keluarga di bandara Lombok.

Anak sulungnya Baiq Winda (30)dari Lalu Saleh mengaku kalau ayahnya sempat hilang kontak selama 10 tahun ketika bekerja di Malaysia. Ayahnya saat itu sempat mengirim uang sebelum hilang kontak pada tahun 2013 lalu.

“ Saya sudah berpisah 20 tahun. Dulu bapak sempat pulang pas saya masih kelas 6 SD. Setalah itu dia berangkat lagi ke Malaysia,” kata Baiq Winda saat ditemui di Bandara Internasional Lombok pada Kamis malam (14/12/2023).

Baca Juga :  Nusa Tenggara Barat Raih Penghargaan SAKIP Dari Menpan RB

Keberangkatan kali kedua tahun 2003, Saleh sempat beberapa kali mengirim uang sebelum hilang kontak tahun 2013 lalu.

“ Kalau soal uang bapak tetap kirim tapi lewat temannya. Setelah itu putus kontrak 10 tahun sekitar tahun 2013 lalu,” katanya.

Baiq Winda pun mengaku bahagia melihat bapaknya pulang ke Lombok. Baiq Winda juga mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Lalu Iqbal setelah berhasil memulangkan Lalu Saleh dengan selamat ke kampung halaman.

“ Saya berterima kasih ke lalu Iqbal. Serasa bertemu belahan jiwa,” pungkasnya.

Kemudian Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan Lalu Saleh dipulangkan bersama dua PMI lainnya bernama Awaludin dan Muh Mansur asal Desa Janapria.

Baca Juga :  Ketua PSI Loteng Dukung Penuh Pembangunan Sirkuit Motorcross di BKU

Dari ketiga PMI yang dipulangkan ini bekerja ilegal sebagai PMI selama puluhan tahun di Malaysia. Dia dipulangkan setelah melakukan komunikasi dengan pihak Malaysia.

“ Namanya tidak ada di list KBRI Kuala Lumpur, saya minta tolong KBRI untuk cari ke imigrasi di seluruh Malaysia, dan ditemukan,” tuturnya.

Ketiga PMI atas nama Lalu Saleh, Awaludin dan Muh Mansur kata Lalu Iqbal sempat ditangkap oleh Imigrasi Malaysia selama sembilan bulan lalu.

Kepulangan Lalu Saleh pun disambut haru pihak keluarga. Lalu Saleh disambut oleh dua anaknya dan dua saudaranya di Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments