Guru Besar di Univesitas Islam Negeri Mataram Bertambah
Terjemahan

AmpenanNews. Untuk kesekian kalinya Universitas Islam Negeri (IUN) Mataram menambah tenaga pengajarnya yang berkualifikasi guru besar atau Profesor.

Bertempat di Kantor Kemenag RI di Jakarta, dua dosen UIN Mataram menerima SK Guru Besarnya yang diserahkan langsung oleh Sekjen, Dirjen, dan Direktur PTKI kementerian Agama RI bersama puluhan dosen PTKI lainnya di Indonesia.

Dua Profesor tersebut adalah Prof Dr H Subhan Abdullah Acim, LC, MA menjadi guru besar di Bidang Ilmu Tafsir Hadis dan Prof Dr H S Ali Jadid Al Idrus M.Pd di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Surat Keputusan(SK) jabatan guru besar mereka ditanda tangani langsung Menteri Agama RI Bapak H. Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga :  Peringati Hari Otda ke-25, Momentum Gotong Royong Tangani Pandemi

” Dengan tambahan dua guru besar ini maka total guru besar aktif di UIN Mataram berjumlah 37 orang dari berbagai macam disiplin keilmuan,” kata Rektor UIN Mataram Prof Dr H Masnun Tahir , melalui pers rilisnya kepada media ini pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Prof Masnun sangat mengapresiasi capaian akademik dosen UIN Mataram ini di tengah kesibukan mereka mendapat tugas tambahan sempat produktif untuk menulis buku dan journal bereputasi yang merupakan persyaratan substantif dalam pengusulan guru besar. Meraih profesor ini tidak mudah, seluruh persyaratan administratif harus lengkap dan lebih dari itu adalah syarat khusus berupa publikasi di jurnal bereputasi dan terindek scopus. Catatan-catatan berupa loyalitas dan integritas yang merupakan profiling dari masing-masing calon guru besar, Prof Masnun menambahkan.

Baca Juga :  Gempa Guncang Samudera Hindia Selatan Bali

Rektor UIN Mataram, Prof Masnun lebih lanjut memberikan penekanan bahwa capaian guru besar ini selain bermanfaat secara personal juga menambah Marwah akademik sebuah institusi.

” Makanya saya tidak henti-hentinya mendorong para dosen dan Tendik di UIN Mataram untuk meningkatkan kompetensinya. Lebih dari itu kita memfasilitasi mereka untuk meraih itu,” kata Guru Nun, sapaan akrab Prof Masnun.

Target kami sebanyak-banyaknya, minimal 10 persen dari jumlah dosen kami sekitar 450 itu bergelar guru besar tahun-tahun yang akan datang. Dan saya yakin melihat kemampuan dosen kami, target itu akan tercapai, demikian kalimat optimis Guru Nun.

Guru Nun sangat berterimakasih kepada Menteri Gus H Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen, Dirjen, Direktur, Kasubdit di lingkungan Kementerian Agama RI dan seluruh civitas akademika UIN Mataram atas prestasi ini.

Baca Juga :  ITDC Berpotensi Permalukan Indonesia di Mata Dunia

” Selamat kepada UIN Mataram, para guru besar dan keluarganya atas kerja kerasnya meraih guru besar, semoga ilmunya bermanfaat untuk UIN Mataram dan masyarakat secara lebih luas,” tutup Guru Nun.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments