Ki Dalang Adiyaksa Aji Gelar H. Didi Sumardi Ketua Pepadi NTB 2023 - 2028
Terjemahan

AmpenanNews. Ki Dalang Adiyaksa Aji gelar yang disandang oleh Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH., sebagai Ketua pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi Nusa Tenggara Barat, masa bhakti tahun 2023 – 2028 yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Mataram, pada hari Kamis, 13/09.

Pemberian gelar tersebut disampaikan langsung oleh Sekertaris Jenderal DPP Pepadi, DR. Sudirman Dirjodipuro, pada saat membacakan sambutan Ketua Umum Pepadi Pusat, Ir. Tumiyono, sekaligus Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Pepadi nomor : 005/SK/DPP/PEPADI/lX/2023.

Dalam kesempatam tersebut, Ki Dalang Adiyaksa Aji menyampaikan terimakasih kepada seluruh para tokoh yang telah hadir dalam acara pelantikan sekaligus diisi dengan sarasehan.

” Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua terutama kepada para budayawan sebagai bentuk yang senantiasa tanggungjawab kita bersama kepada Bangsa dan Negara, khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ungkap Ketua DPRD Kota Mataram

Baca Juga :  Rapat Virtual dengan Menteri Sosial, Gubernur Berharap BLT

Tentunya, lanjut Ki Dalang Adiyaksa Aji, ikrar yang telah kita ucapkan tadi pada saat pelantikan pengurus senantiasa menjadi pegangan kita dalam mengaktualisasikan, semua melaluli media dan pengurus Pepadi NTB, yang unsurnya adalah pewayangan dan pedalangan.

” oleh karena itu, dua hal yang sangat penting kedepannya akan menjadi perhatian kita yang sangat sungguh sungguh sehingga apa yang menjadi amanah dalam pengembangan perwayangan dan pedalangan NTB, betul betul lebih baik lagi dengan membangun sistem tugas dan fungsi pengurus yang memiliki ikatan, secara kesuluran para pendalang serta memperkuat misi pewayangan dan pendalangan melalui aktivitas kepada masyarakat kita, ”

Aktivitas kemasyrakatan kita melalui ikhtiar pendidikan kita lanjut Ki Dalang Adiyaksa Aji, oleh karena itu yang akan kita laksanakan secara menyeluruh memperhatikan aspek yang menunjang dimungkinkan eksistensi pewayangan dan pendalangan, terbangun secara eksistensial didalamnya termasuk mampu memberikan kontribusi terbaiknya membangun bangsa dan negara berkualitas serta meningkatkan sumber daya manusia melalui Bidang Budaya.

Baca Juga :  Dinas Pariwisata Kota Mataram mengambil Tupoksi BPPD Kota Mataram

” sebagaimana yang telah disampaikan dalam sarasehan, tantangan dan kedepannya sebagai pengurus serta keluarga besar Pepadi NTB mampu terwujud apa yang diharapkan Masyarakat,” tutupnya.

Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, telah dilantik dengan ritual sasak yang dipimpin langsung oleh Ketua Penasehat Pepadi NTB Drs. H. Lalu Agus Fathurrahman, kepada Ketua Pepadi NTB, dengan mendapat gelar Ki Dalang Adiyaksa, dan sebagai Sekertaris Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi NTB, Lalu Abdurrahim, S.Pd. MH.

Setelah penyerahan pin dan busana Pepadi dari Pusat, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat serta sebagai Sekertaris Pepadi Provinsi NTB masa Bhakti 2023 – 2028 , Lalu Abdurrahim, S. Pd. MH. menyampaikan rasa syukur bahwa pada hari ini pengurus Pepadi NTB telah dilantik.

Baca Juga :  Kapen Rem 162/WB, Sinergitas Harga Mati Hadapi Covid-19

” Alhamdulillah, dengan diangkatnya Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi sebagai Ki Dalang Adiyaksa, dapat mengangkat giroh para dalang serta pembuat wayang memajukan seni budaya perwayangan di NTB, karena warisan budaya tak benda ini merupakan warisan ara waliyulloh dan nenek moyang terdahulu,” tutup Mamiq Jagat.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments