ASLI Tetap Tegak Lurus Berkomitmen Menjaga Marwah Bangsa Sasak
DR. Taufik Qoriadi, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Sasak Lombok Indonesia (sebelah kiri)
Terjemahan

Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI) tetap tegak lurus berkomitmen menjaga marwah Bangsa Sasak karena lahir dari keinginan dan kesadaran kolektif dari segenap warga perantau Sasak Lombok yang berada di luar daerah (baik yang berada di wilayah Indonesia maupun yang berada di luar negeri). Organisasi ini berupaya menyatukan organisasi/paguyuban yang telah ada selama ini, untuk bergabung bersama dalam satu payung besar yang bernama ASLI. ASLI juga berupaya mendorong dan mengupayakan berdirinya ASLI di berbagai daerah yang selama ini belum memiliki wadah/organisasi untuk tempat berkumpul. Hari ini, ASLI sudah menaungi puluhan lembaga kerukunan/organisasi keSasakan, dengan ribuan jumlah anggota baik yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia, maupun yang sedang berada di luar negeri. Di bulan ini, ada 3 (tiga) wilayah yang akan menyelenggarakan Musyawarah dan Pelantikan Pengurus, yakni Wilayah Papua, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

ASLI bukanlah LSM/NGO, organisasi profit, atau organisasi sosial tertentu yang berafiliasi dengan lembaga tertentu ataupun partai politik tertentu. ASLI menjaga kemurniannya sebagai organisasi kedaerahan yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dengan berupaya untuk selalu independen dan mandiri. Saat ini, kegiatan sosial dan kemanusiaan menjadi bagian kerja rutin ASLI, baik di tingkat daerah, wilayah, maupun di DPP.

ASLI mempunyai cita-cita besar untuk membangun organisasinya. ASLI berharap dapat menjadi organisasi kedaerahan yang modern dan berkemajuan. Ekspektasi yang besar ini, hanya akan dapat dicapai melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dengan penuh kesungguhan.

Sebagai organisasi yang baru tumbuh, kami menyadari pentingnya menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Membangun komunikasi dan hubungan kemitraan yang baik adalah sebuah keharusan. Oleh karenanya, dalam perjalanannya ASLI selalu membuka diri bagi siapapun yang ingin bermitra dengannya. Kami sudah tidak pantas untuk terlihat ekslusif. Karena ekslusifitas hanya akan membuat kami menjadi kecil dan susah bergerak. Kami ingin menjadi organisasi yang terbuka (inklusif), dapat bekerjasama dengan semua pihak, dapat membuka seluas-luasnya ruang kolaborasi, dan berupaya menjaga ritme-ritme kerja, agar senantiasa harmonis. Kami menjaga diri untuk tidak terlalu membesar-besarkan atau menonjol-nonjolkan perbedaan, tapi justru sebaliknya kami berupaya untuk memperbanyak persamaan-persamaan. Semangat ini, telah kami abadikan dalam mars ASLI yang kami beri judul “Sasak Besopoq”. Mars ASLI ini dapat diakses melalui youtube dengan alamat https://www.youtube.com/watch?v=nT9YN0bhLeA

Baca Juga :  Pelantikan DPW ASLI Provinsi Papua oleh Ketua Umum DPP ASLI

 

Judul: Sasak Besopoq

Aliansi Sasak Lombok Indonesia

Tempat Kami Bertemu dan Berkumpul

Singkirkan Perbedaan, Perkuat Persatuan

ASLI Damai Sentosa

Aliansi Sasak Lombok Indonesia

Wujudkan Bhineka Tunggal Ika

Terapkan Keadilan, Membawa Kemakmuran

ASLI Damai Sejahtera

Bersayapkan Ilmu dan Iman

Tuk Mencapai Puncak Kejayaan

Jangan Pandang Tahta dan Kasta, Sebagai Perbedaan

Jangan Pandang Lambang dan Bendera, Sebagai Perpecahan

Janji Bhakti Sasak Jiwa Raga Kami

Ref.

Silaq Ngiring Tepade Besopoq

Saling Asah Saling Asih Saling Asuh

Jaga Marwah Falsafah Bangsa Sasak

Bermartabat, Berbudaya, Beragama

Di Bawah Naungan NKRI dan Pancasila

Untuk Menuju Ridho Ilahi

Kejayaan ASLI yang Tercinta

Janji Bhakti Sasak Jiwa Raga Kami

Janji Bhakti Sasak Jiwa Raga Kami

Janji Bhakti Sasak Jiwa Raga Kami

(Arr: Mizan Fasli & Arif Aruna, 2022)

Dari bait-bait, atau lirik-lirik Mars ASLI tersebut dapat dillihat bahwa semangat ASLI adalah semangat besopoq (bersatu). Mars hasil karya DPP ASLI di bawah aransemen Mizan Fasli & Arif Aruna ini, adalah lagu wajib kami. Dalam mars ASLI ini tercermin bahwa ASLI mencoba merawat nilai-nilai falsafah bangsa Sasak yang telah diajarkan turun temurun oleh moyang kami. Silaq te besopoq (mari bersatu), Silaq te saling jagaq (mari kita saling menjaga), Silaq te saling peririq (mari kita saling merawat), Silaq te saling runguq (mari kita saling peduli/care), Silaq te bekerise (mari kita sama-sama memperbaiki), Silaq te pade saling jangoq (mari kita saling mengunjungi), dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Gelar Milad, TAC Beri Santunan Kepada Ribuan Anak Yatim dan Piatu

Anggota dan pengurus ASLI mempunyai latar belakang yang beragam. Jika dilihat dari profesi, banyak diantara mereka adalah para perantau yang dulunya memang sengaja keluar dari daerah asal (Lombok) untuk pergi merantau, mengadu nasib mencari pekerjaan. Seiring dengan perkembangan waktu, warga diaspora Sasak Lombok yang tergabung dalam ASLI kini telah berkembang ke dalam kelompok-kelompok profesional, akademisi, birokrat, politisi, dan pengusaha.

Dalam merawat keberagaman ini, kami berkomitmen bahwa kepentingan bersama dan kepentingan yang lebih besarlah yang lebih diutamakan. Atribut, bendera, baju dan latar belakang yang berbeda-beda para anggota harus siap ditanggalkan demi kepentingan Sasak Lombok yang lebih luas.

Menyikapi pemberitaan di beberapa media tempo hari, yang menyatakan bahwa Ketua DPP ASLI mendukung salah satu bakal calon atau pasangan bakal calon untuk maju di PILGUB 2024, merupakan pemberitaan dari media yang terlalu akseleratif. Belum ada statemen dari DPP ASLI baik secara kelembagaan maupun secara perseorangan yang menyatakan bahwa akan mendukung atau mengusung salah satu bakal calon atau pasangan bakal calon.

Pada Selasa, 19 September 2023 DPP ASLI diundang oleh Sekretaris Daerah NTB sekaligus Pj Gubernur NTB Drs. H.L. Gita Ariadi, M.Si. untuk menghadiri acara silaturrahmi di Anjungan NTB Kompleks TMII Jakarta Timur. Di acara tersebut DPP ASLI memberi ucapan selamat atas telah dilantiknya beliau Ayahnda Mamiq Gita menjadi Pj Gubernur NTB. Di acara tersebut, DPP ASLI beramah tamah dengan tokoh-tokoh nasional NTB, dan para Pengurus DPW ASLI se-Jabotabek. Setelah menghadiri acara silaturrahmi di TMII, malam harinya DPP ASLI melanjutkan silaturrahmi ke Dewan Pembina ASLI Bapak Dr. L. Muhammad Iqbal, Asisten Menteri, Mantan Duta Besar Turki. Pertemuan di lobby lounge Grand Melia Hotel ini begitu hangat, karena selama beliau menjabat Duta Besar, DPP ASLI belum pernah bertemu secara langsung dengan beliau. Perbincangan tanpa tema tersebut mengalir begitu saja, mulai dari cerita lucu amaq otjong dan inaq itet, hingga kisah heroik perempuan Sasak Putri Mandalika. Selaku pembina ASLI tentu beliau memberi arahan dan saran-saran terkait bagaimana mengembangkan ASLI ke depan. Miq Iqbal sapaan akrab beliau, merupakan salah satu pembina ASLI yang humble, ramah dan komunikatif. Di samping memiliki jabatan karir yang mulus, beliau juga memiliki pengalaman yang luas di dunia diplomasi dan birokrasi. Beliau juga memiliki komitmen yang besar terhadap perubahan. Pandangan-pandangan beliau tentang bagaimana arus perubahan dan kemajuan itu harus diciptakan, sejalan dengan apa yang menjadi pemikiran ASLI selama ini.

Baca Juga :  Halal Bihalal dan Konsolidasi Laskar Sasak DPD Kota Mataram

Terkait persoalan kepemimpinan di daerah, ASLI berpandangan bahwa semua putra-putri terbaik Sasak mempunyai peluang dan kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin di daerah. Bahkan untuk kepemimpinan di skala Nasional pun, jika di situ ada peluang dan kesempatannya, maka harus diambil, dan jangan sampai disia-siakan.

Kepada seluruh anggota dan pengurus ASLI di manapun berada, DPP ASLI menghimbau agar anggota dan pengurus tetap tegak lurus berada di barisan terdepan dalam menjaga marwah dan martabat bangsa Sasak.

Wallahu a’lam bishaw
Jogja, 21/9/2023
Penulis
DR. Taufik Qoriadi, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Sasak Lombok Indonesia

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments