Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Provinsi NTB di Lotim
Terjemahan

AmpenanNews. Peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2023 tingkat Provinsi NTB Kamis (10/8) dilaksanakan di Pendopo Bupati Lombok Timur. Peringatan tahun ini mengambil tema; Dengan Jiwa dan Nilai-nilai Juang 45 LVRI Ikut Serta Menyukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten Untuk Melanjutkan Pembangunan Nasional.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy. Turut hadir juga Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) NTB, unsur Forkopimda Lotim, Kadinsos, dan keluarga besar veteran RI NTB.

Bupati Sukiman menyitir ungkapan Proklamator RI Soekarno mengingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Alasan itulah Pemda Lotim dengan bangga menyelenggarakan peringatan hari veteran nasional tahun 2023.

Baca Juga :  H.M. Sukisman Azmy Mengaku Pemda Miliki Tugas Menurunkan Angka Kemiskinan

Bupati mengingatkan pentingnya menyosialisasikan hari veteran guna membangkitkan semangat dan menjiwai semangat`45. Ia menilai generasi muda nyaris tidak peduli dengan hal itu,

“Harus ada sosialisasi terkait hari veteran, karena generasi saat ini banyak yang tidak tahu. Dengan demikian anak-anak bisa didorong untuk membangkitkan semangat veteran di jiwa generasi muda saat ini, Apalah lagi mengenal para pejuang yang berasal dari Lombok Timur semisal TGH. Faisal dan sejumlah nama lainnya,” ujarnya.

Masih dalam nafas sosialisasi, Bupati mengajak para veteran untuk memanfaatkan salah satu sudut Gedung Pemuda dan Mahasiswa. Di masa lalu, lokasi tersebut merupakan lokasi pertempuran tahun 1947 untuk mempertahankan kemerdekaan. Karena itu ia mengusulkan untuk memanfaatkan salah satu sudutnya menjadi museum.

Baca Juga :  Pemkab Lotim Tetap Berupaya Meningkatkan Nilai SAKIP

ia meminta para veteran dapat memberikan sumbangsih untuk materi musem seperti foto, catatan sejarah perjuangan atau benda bersejarah lainnya. Dengan begitu dapat disaksikan sebagai bahan pelajaran generasi muda.

Sejalan dengan tema, Bupati juga meminta veteran berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024 dengan memilih calon yang dinilai mampu menyerap dan memiliki keberpihakan kepada kepentingan veteran, utamanya untuk kesejahteraan.

Terakhir, Bupati mempersilakan para Veteran yang belum miliki kediaman menempati Rusun, baik di Labuhan Haji maupun di Labuan Lombok, sebagai bentuk penghargaan kepara legiun veteran.

Sementara itu Ketua DPD LVRI NTB, H. Abdul Kadir mengajak segenap anggota LVRI NTB untuk senantiasa menjaga nilai-nilai pancasila dan UUD 1945. Termasuk dalam mensukseskan pemilu 2024 dan konsistensi melanjutkan pembangunan nasional.

Baca Juga :  Bupati Ikuti Rakor Progress Pengendalian PMK Bali, NTB dan Sulsel

Acara dilanjutkan dengaan mengikuti peringatan Hari Veteran Nasional secara virtual yang diikuti DPD LVRI se-Indonesia.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments