Jeffri Setiawan Berhasil Pecahkan Rekor America Book of Records (ABR) Icon Awards Top Talent of the Year 2023
Terjemahan

AmpenanNews. Jefri Setiawan, Pianis muda berbakat asal Kendal, mengukir prestasi di kancah internasional di Master Piano Institute, Sydney, Australia tanggal 30 Agustus 2023. Pemuda kelahiran 2 Maret 2006 ini kembali memecahkan rekor menghafal memainkan piano dengan mata tertutup non stop terlama di Dunia dan berhasil tercatat di ABR Icon Awards Top Talent of the Year 2023.

Melalui pers rilis Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana memberikan apresiasi terhadap Jefri Setiawan setelah berhasil memecahkan rekor tersebut yang sangat membanggakan dan merupakan promosi bagi Indonesia di Australia. Konjen Vedi menyampaikan apresiasi kepada Ketua Delegasi Prof. Dr. ES Margianti, SE., MM (Rektor Universitas Gunadarma), Prof. Fasli Jalal (Rektor YARSI), beserta anggota delegasi lainnya serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan, sehingga acara pemecahan rekor tersebut bisa terselenggara dengan baik.

Baca Juga :  Military Attache Corp Tour 2022 Kunjungi Makorem 162/WB

Kesempatan tersebut, Prof Dr. Margianti mengungkapkan keharuan dan bangga setelah Jefri yang merupakan mahasiswa FK UG, berhasil memecahkan rekor karena keberhasilan ini tak hanya memecahkan rekor dunia untuk Indonesia, juga mencatat sejarah baru di dunia internasional.

Pianis Jefri mengungkapkan kebahagiaannya dan berterima kasih kepada Ketua Delegasi Prof Dr. E.S. Margianti, SE., MM, Konjen RI Sydney dan kepada semua pihak atas dukungannya. Begitu juga dengan semua pihak yang telah banyak membantu sampai hari ini dan mewujudkan mimpi Jefri tampil di Sydney untuk memecahkan rekor dunia.

” Jefri merupakan pemegang 6 rekor dunia yaitu menghafal 170 lagu berdasarkan urutan tidak boleh terbalik dengan menggunakan piano dan mata tertutup enam jam nonstop,” jelasnya.

Ia juga telah memiliki berbagai rekor dunia antara lain pada Maret 2021 berhasil memainkan 150 lagu dengan piano selama sekitar 3 jam 45 menit dengan mata tertutup. Dicatat dalam dua buku rekor dunia sekaligus, yakni America Book of Records dan European Records Book.

Baca Juga :  Unram Dorong Mahasiswa Tuangkan Inovasi Melalui Program PPK Ormawa

Begitu juga Jefri sukses menorehkan namanya pada rekor dunia bergengsi Royal Success International Book of Records (RSBIR) untuk kategori Memorizing Songs While Playing Piano, Blindfolded, Non-Stop yang diselenggarakan di Hyderabad, India, pada 29 Februari 2020.

” pada 24 Oktober 2018, Jefri juga bermain piano dengan membawakan sebanyak 100 lagu dengan mata tertutup selama 3,5 jam berturut-turut, diselenggarakan di Akademie für Künste ASK-Berlin, Jeman. Tercatat dalam buku rekor dunia Record Holders Republic (RHR),” tuturnya.

Walaupun rekor internasional terus dipecahkan namun Jefri tidak melupakan almamaternya. Jefri saat ini kuliah di Fakultas Kedokteran Gunadarma Jakarta. Menurut Prof Margianti talenta berbakat seperti Jefri Setiawan membutuhkan lingkungan yang kondusif dan dukungan dari berbagai pihak, di samping orang tua dan keluarga agar dapat terus berkembang.

Baca Juga :  Proses Audit Ketat, MUI Pastikan Kehalalan Vaksin Sinovac

Ia menyampaikan apresiasi kepada Konjen RI di Sydney serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan, sehingga acara pemecahan rekor tersebut bisa terselenggara dengan baik.

Pemuda berusia 17 tahun ini mengatakan bahwa untuk memecah rekor tersebut, Jefri melakukan latihan rutin selama 8-10 jam setiap harinya. Mesti latihannya tidak dengan mata ditutup kain, Jefri tetap melakukan latihan dengan mata terpejam. Ia mengharapkan dengan rekor ini bisa mengharumkan nama Indonesia dan Kendal di kancah dunia.

” tantangan terberatnya dalam memecahkan rekor adalah kesiapan fisik yang prima dan harus hapal dengan urutan 170 lagu dengan menutup mata,” tutup Jefri.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments