Pesona Gili Kalong akan Manjakan Wisatawan di Surga KSB
Terjemahan

AmpenanNews. Pesona Gili Kalong yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyimpan berbagai destinasi wisata yang akan memanjakan wisatawan

Nusa Tenggara Barat selama ini hanya terkenal dengan keindahan laut dan pantai seperti Gili Trawangan, Pantai Mandalika dan bahyak lagi Destinasi wisata lainnya.

Ternyata, di KSB ada juga tempat yang sangat indah bak serpihan surga, salah satunya adalah Pulau Kalong, atau yang dikenal dengan Gili Kalong.

Pulau Kalong terletak tepat di deretan pulau pulau kecil di desa Poto Tano, lokasi sangat dekat dengan pelabuhan Poto Tano yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa.

Gili Kalong ini memiliki luas sekitar 200 Hektare dengan pemandangan laut dan bukit yang sangat menakjubkan. Perbukitan yang tidak terlalu curam dan diselimuti rumput ilalang berwarna hijau menyatu.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham NTB Dorong Perlindungan Kekayaan Intelektual

Bukan hanya itu saja, Gili Kalong ini juga terkenal dengan pasir pantai yang berwarna putih dan halus berpadu dengan hijaunya air, sehingga siapapun yang berkunjung ke pulau ini bisa melihat beraneka ragam biota laut dengan ukuran bervariasi dan terlihat dari atas perahu.

Pulau Kalong ini menjadi destinasi favorit para pelancong baik lokal maupun asing. Lokasinya yang gampang diakses membuat tempat ini sebagai primadona. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pelancong asal Lombok, Dika.

“Saya mendapat informasi tentang keindahan pulau ini dari teman teman saya, akhirnya saya ke sini dan saya merasa ini adalah surga tersembunyi di pulau Sumbawa,” kata dia.

Baca Juga :  TMMD 108 Tingkatkan Jalinan TNI dan Masyarakat

Ia mengatakan, sejak ia berangkat dari poto tano, ia sudah mulai takjub dengan deretan bukit pulau Kalong ini yang berbentuk seperti lukisan anak kecil, ya itu dua gunung yang kemudian muncul dari tengahnya Matahari.

Saat berada di pinggiran pantai, ia mengaku merasakan sesuatu yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Pasir yang begitu putih dan air laut yang tenang berwarna hijau tosca hingga kebiruan dengan karang yang terjaga.

“Saya lihat banyak ikan ikan dari atas kapal, saya pun tidak tahan ingin berenang, ternyata sangat menakjubkan,” kata dia.

Seorang pemerhati wisata setempat, Burhan mengatakan, Gili Kalong ini berbeda dengan yang lainnya dan bisa dikatakan ini pantai terindah, sebab pantainya sangat alamiah dan lokasi Gili tersebut yang jauh dari kebisingan

Baca Juga :  Setelah Bima, Lombok Juga Diguncang Gempabumi Tektonik M=4,1

Selain itu, pantai Gili Kalong juga jarang diterjang ombak, karena ditutup oleh pulau Panjang. Sehingga, sangat aman untuk berenang apa lagi menyelam.

“Di depan sana ada pulau panjang yang menjaga pulau ini dari ganasnya ombak. Banyak yang datang menyelam kesini karena merasa sangat aman,” kata Burhan.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments