World Superbike 2023 Juga Merupakan Ajang Promosi Budaya Indonesia
Terjemahan

AmpenanNews. Dalam perhelatan World Superbike 2023 di Kuta Mandalika sukses besar dengan menjaring lebih dari 59 000 orang penonton. Angka ini meningkat 14.9% di banding tahun 2022.

Untuk World SBK 2023 Mandalika di buka dengan sesi Free Practice pada hari Jum’at (3/3) yang juga di meriahkan dengan karnaval budaya persembahan dari Pemprov NTB melalui ajang Lombok Sumbawa Fair sebagai event pendukung dari World SBK 2023.

Kemudian Race 1 yang berlangsung pada hari Sabtu (4/3) menempatkan Alvaro Bautista dari Aruba.It Racing Ducati sebagai yang tercepat di ikuti oleh Toprak Razgatlioglu dari Pata Yamaha dan Andrea Locatelli yang juga dari Pata Yamaha di posisi ketiga.

Disuasana balapan di hari kedua ini semakin semarak dengan berbagai macam atraksi seni dan budaya seperti pertunjukan Tari Samawa, Tari Mbojo, Penyesek, Tari Peresean, dan konser musik yang menampilkan para musisi lokal NTB seperti Desy Natalia, Abhy Summer, Gita KDI, The Datu, Amtenar, Wet Band, Gokil Boys, dll.

Baca Juga :  Lalu Ahyar Bagikan 300 Paket Sembako untuk Lansia dan Anak Yatim

Sedangkan final race yang berlangsung pada hari Minggu (5/3) didominasi tiga pembalap yaitu Alvaro Bautista tim Ducati menempati urutan pertama, Toprak Razgatlıoğlu dari Yamaha di peringkat kedua dan Xavi Vierge dari Team HRC pada posisi ketiga.

Dalam Final race ini juga menjadi puncak kemeriahan ajang WSBK 2023 dengan berbagai macam penampilan seni budaya dikemas dalam sebuah tarian kolosal bertajuk INEN GUMI yang melibatkan lebih dari 200 penampil persembahan dari BPPD NTB bekerjasama dengan berbagai Asosiasi Pariwisata, Tokoh dan Komunitas Adat serta masyarakat NTB.

Dalam Akun Facebook official WorldSBK memposting sejumlah kegiatan atraksi Budaya di ajang World SBK 2023 dengan caption:

Baca Juga :  Danrem 162/WB bersama Ketua Persit Menutup Turnamen Bola Voli 2023

“Terima kasih Indonesia.
We loved every single moment of it. Can’t wait to be back again.”

Kesempatan ini, Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani menegaskan bahwa Ajang WSBK ini bukan hanya sekedar ajang Balapan.

“ini adalah cerminan dari komitmen kami untuk melibatkan dan memberdayakan masyarakat NTB untuk bersatu dalam semangat olahraga, sesuai dengan arahan Pemprov NTB, khususnya Pak Gubernur, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc.”

“WSBK Tahun ini menjadi sebuah pencapaian baru bagi provinsi NTB yang berhasil melibatkan lebih dari 300 produk UMKM, menjaring lebih dari 4000 tenaga kerja dan menampilkan berbagai jenis kesenian daerah yang tersebar di 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi NTB untuk kita perkenalkan kepada dunia.” tambah Baiq Ika.

Baca Juga :  Liga 1 Askab PSSI Lombok Timur Musim 2022 Resmi Bergulir

Dalam kesuksesan ajang World SBK Mandalika tahun ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak termasuk Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, Ketua IMI yang sekaligus Ketua MPR RI, Bamsoet dan juga dari pihak Dorna Sport.

“Keberhasilan pagelaran World SBK tahun ini tidak lepas dari kerjasama yang kuat dari semua pihak terutama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemkab Lombok Tengah, ITDC, MGPA dan Dorna Sport sebagai penyelenggara.” Baiq Ika menambahkan.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments