Kelompok Satu KKN Tematik Unram Gelar Penyuluhan Ibu Hamil Menyusui dan Hipertensi di Desa Maringkik
Terjemahan

AmpenanNews. Mahasiswa Kelompok 1 (Satu) KKN Tematik Desa Pulau Maringkik Universitas Mataram dengan tema Desa Sehat Melaksanakan Penyuluhan Ibu Hamil, Menyusui dan Hipertensi yang dirangkaikan dengan Pemeriksaan Kesehatan Terpadu oleh Tim Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram di Gedung Serba Guna Kantor Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur pada minggu ke-6 sejak pelepasan KKN Universitas Mataram tepatnya hari Kamis, 19 Januari 2023 pukul 09.00 WITA-Selesai.

Program Kegiatan dari Kelompok 1 KKN Tematik Universitas Mataram yaitu melakukan edukasi, sosialisasi, pemeriksaan, dan pendampingan berdasarkan tema desa yang telah dibagi oleh pihak LPPM.

Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk mengedukasi masyarakat melalui kegiatan penyuluhan kelas ibu hamil dan menyusui sehingga ibu hamil dan menyusui di Desa Pulau Maringkik dapat memperoleh bimbingan tentang pentingnya mengkonsumsi nutrisi serta menjaga pola hidup sehat guna mencegah stunting, perawatan masa kehamilan dan menyusui agar dapat menjalani proses kehamilan hingga persalinan yang lancar, serta bekal pengetahuan dasar mengenai fase awal kehidupan bayi.

Baca Juga :  Pj Bupati Ingatkan Seluruh Elemen RSUD dr. R. Soedjono Berikan Pelayanan Terbaik

Selain itu penyuluhan tersebut juga membahas hipertensi.
Kepala Pustu pulau maringkik mengungkapkan alasan masyarakat pulau maringkik banyak mengidap hipertensi. Kepala Pustu mengatakan masyarakat Desa Pulau Maringkik yang mengidap penyakit Hipertensi disebabkan oleh konsumsi seafood yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan konsumsi sayuran maupun buah-buahan.

“Rata-rata penyakit masyarakat disini itu gastritis sama hipertensi tapi lebih dominan hipertensi soalnya masyarakat disini itu banyak mengkonsumsi ikan, hampir tiap hari mereka makan ikan, sayur buah itu jarang mereka makan jadi ga seimbang,” Kata Kepala Pustu Ns. Gita Sofiyan Ardy. S. Kep kepada Mahasiswa KKN, Sabtu (28/1/2023).

Rangkaian kegiatan penyuluhan Ibu Hamil, Menyusui dan Hipertensi serta Pemeriksaan Kesehatan Terpadu ini merupakan kegiatan yang dibuka untuk seluruh masyarakat umum khususnya untuk ibu hamil dan menyusui.

Pemateri dari kegiatan Penyuluhan Ibu Hamil, Menyusui dan hipertensi ini disampaikan oleh Dr. dr. Herpan Syafii selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 1 sekaligus dokter spesialis Neurologi di RS Islam Siti Hajar Mataram, RSDU Provinsi NTB, RS Universitas Mataram dan Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan di dampingi oleh ibu dr.Dini Suryani, M.Biomed yang merupakan Dosen di Universitas Mataram.

Baca Juga :  Penandatanganan dan Sumpah Sespimen, Sespima dan Sip 2020

Materi yang disampaikan pada penyuluhan kelas ibu hamil dan menyusui mencangkup perawatan masa kehamilan dan menyusui, pentingnya ASI eksklusif bagi bayi, serta pentingnya menjaga nutrisi dan pola hidup sehat guna mencegah stunting.

Untuk penyuluhan hipertensi materi yang disampaikan mencangkup pengertian hipertensi, faktor dan risiko hipertensi, akibat yang ditimbulkan, cara pencegahan, dan lain sebagainya. Adapun untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis teman-teman KKN Kelompok 1 membantu Civitas Akademik Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang memuat pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, dan pemeriksaan gangguan kognitif.

Turut serta dalam kegiatan ini adalah 97 masyarakat Desa Pulau Maringkik Khususnya ibu hamil dan menyusui yang meliputi masyarakat Dusun Maringkik Barat, Dusun Maringkik induk, dan Dusun Maringkik Selatan, dibantu oleh Aparatur Desa, Karang Taruna, dan KKN Tematik Kelompok 2 dan kelompok 3. Masyarakat secara aktif dan antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Kamaruzzaman Bacaleg Potensial Pastikan Diri Tarung di Pileg Lotim

Kemudian Aparatur Desa, Karangtaruna, dan KKN TEMATIK Kelompok 2 dan 3 bekerjasama dengan KKN Tematik Kelompok 1 untuk mengsukseskan kegiatan tersebut agar tetap kondusif dan berjalan sesuai dengan keinginan sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Pelaksanaan Program Penyuluhan Ibu Hamil, Menyusui dan Hipertensi serta Pemeriksaan Kesehatan Terpadu diharapkan dapat memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat untuk dapat menjaga pola makan dan pola hidup bersih dan sehat demi terciptanya desa sehat.

Sumber : Kelompok Satu Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram,
Nanda Intan Pertiwi Prodi Sosiologi
Reinaldy Sakhrul Solihin (Ilmu Hukum)
Abdul Khalil Al Ghifari (Ilmu dan Teknologi Pangan)
Muh. Faisal Pratama (Teknik elektro)
Dian Apriana Sari (Biologi)
Herawati (PGSD)
Namiratun Saqinah (Ilmu Kelautan)
Nanda Intan Pertiwi (Sosiologi)
Nur Ilham Safitri (Bahasa dan Sastra Indonesia)
Tina Aulia (Ilmu Tanah)
Verwati (Ilmu dan Teknologi Pangan)

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments