Waspada Potensi Curah Hujan Tinggi di NTB
Terjemahan

AmpenanNews. Waspada potensi curah hujan tinggi di wilayah NTB pada dasarian I Desember 2022 bervariasi dari kategori Rendah (0-50mm/das) hingga Tinggi (151-200 mm/das). Curah Hujan tertinggi tercatat terjadi di Pos Hujan Puyung, Kabupaten Lombok Tengah sebesar 174 mm/dasarian. Sifat hujan pada dasarian I Desember 2022 di wilayah NTB bervariasi dari kondisi Bawah Normal (BN) hingga Atas Normal (AN).

Dari Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) provinsi NTB secara umum berada pada kategori Sangat Pendek (1-5 hari) hingga masih ada hujan saat updating. Hari Tanpa Hujan terpanjang terpantau di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara selama 15 Hari Tanpa Hujan.

Terupdate Kondisi Dinamika Atmosfer terakhir menunjukkan Indeks ENSO berada pada kondisi La Nina Moderat (indeks ENSO : -1.06). BMKG memprakirakan La Nina masih akan berlangsung hingga Maret 2023, kemudian berangsur menuju kondisi Netral. Indeks IOD pada dasarian terakhir menunjukkan kondisi IOD Netral (-0.37), diprakirakan kondisi IOD Netral akan bertahan hingga Mei 2023. Aliran massa udara umumnya di wilayah Indonesia didominasi oleh angin baratan kecuali wilayah Kalimantan dan Papua bagian utara. Kondisi ini diprediksi akan bertahan hingga awal bulan Desember kecuali wilayah selatan ekuator. Kondisi tersebut mendukung pembentukan awan di wilayah utara Indonesia dan mengurangi pertumbuhan awan di wilayah Indonesia bagian Selatan. Rata-rata anomali Suhu Muka Laut (SST) sekitar wilayah NTB saat ini berada pada kategori Netral hingga Hangat (-0.25 hingga +0.5°C) dan diprakirakan pada Desember 2022 hingga Mei 2023 secara umum didominasi oleh kondisi netral, yaitu berkisar antara –0.5 hingga 0.5 °C.

Baca Juga :  Musim Kemarau, hingga akhir Juni masih ada peluang terjadi hujan

Untuk peluang curah hujan pada dasarian II Desember 2022 di NTB dengan intensitas >20 mm/dasarian berpeluang tinggi terjadi di seluruh wilayah NTB dengan probabilitas > 80%. Curah hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian juga diprakirakan terjadi di seluruh wilayah NTB dengan probabilitas <20% – 80%. Peluang curah hujan dengan intensitas 100 mm/dasarian berpeluang terjadi di wilayah Pulau Lombok bagian tengah dengan probabilitas >30% – 60%.

Dihimbau kepada masyarakat dalam memasuki periode musim hujan yang mulai merata di seluruh wilayah NTB, masyarakat diharapkan dapat terus waspada akan adanya bencana hidrometeorologis. Potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba – tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir. Masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :  Peluang Hujan Berkurang, NTB Memasuki Puncak Musim Kemarau

Agar semua tetap memperhatikan informasi BMKG guna mengantisipasi dampak bencana maupun kerugian dalam perencanaan kegiatan Anda ke depan dan tetap selalu menjaga kesehatan.

Sumber BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 085161597242 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id

Forecaster on duty:
*Nindya Kirana dan Dewo Sulistio Adi Wibowo*
_BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments