Peringatan Hari Infanteri TNI AD Ke-74, Korem 162/WB Gelar Upacara Di Lapangan Trisula Yonif 742/SWY

AmpenanNews. Korem 162/Wira Bhakti menggelar Puncak Peringatan Hari Infanteri TNI AD Ke-74 Tahun 2022 yang dipusatkan Lapangan Trisula Markas Batalyon Infanteri 742/SWY, Gebang Kota Mataram, Senin (19/12/2022).

Dalam upacara Hari Infanteri Ke-74 Tahun 2022 ini dipimpin oleh Kepala Staf Korem 162/WB, Kolonel Inf Lalu Habibburahim Wiradarma, S.I.P., M.Si., M.Han.

Pers rilis Penrem, keterangan tertulis Penerangan Korem 162/WB, pada upacara yang diselenggarakan secara sederhana namun khidmat ini, diwarnai penampilan, “Pasukan Tradisional Tahun 1945 atau Tentara Tempo Doeloe”, sebagai kilas balik perjuangan rakyat Indonesia yang bergabung dalam ketentaraan di masa lampau.

Dirangkaikan dengan kegiatan penyerahan simbol Yuddha Wastu Pramuka Jaya, yang merupakan manifestasi dari bentuk jiwa korsa sekaligus kebanggaan bagi Prajurit Infanteri, sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran.

Dilanjutkan dengan Komandan Pussenif Kodiklatad Letnan Jenderal TNI Arif Rahman, M.A., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan kepala Staf Korem 162/WB, Kolonel Inf Lalu Habibburahim Wiradarma, menyampaikan “Latar belakang historis lahirnya hari infanteri tidak terlepas dari keberhasilan perang gerilya di bawah komando panglima besar jenderal sudirman.

Kemudian Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin  langsung para pejuang saat melawan belanda.  Dengan menggunakan senjata tradisional dan  perlengkapan perang yang terbatas, para  pejuang kita mampu mengatasi tentara belanda  yang sudah memiliki senjata modern. ujarnya.

Dalam metode perlawanan yang diterapkan yaitu serbu dan  lari (hit and run) berasal dari basis gerilya yang  tidak mengenal waktu operasi.  Para pejuang melakukan penyerangan ke pos-pos yang dijaga belanda atau saat konvoi. Taktik tersebut membuat Belanda bingung dan  kewalahan karena penyerangan tiba tiba.

Peristiwa tersebut, kita bisa mengambil  nilai-nilai berupa jiwa nasionalisme, cinta tanah  air, rela berjuang, pantang menyerah dan  manunggal dengan rakyat. Nilai-nilai tersebut  harus selalu terpatri dalam jiwa dan sikap serta  perilaku setiap prajurit korps Infanteri. Jelasnya.

Tema hari infanteri ke-74 ini yaitu  “Infanteri Yang Modern dan Selalu di Hati  Rakyat” adalah sangat tepat dan patut dijadikan  pedoman dan arah bagi prajurit korps infanteri  dalam mengemban tugas di masa yang akan Datang. Tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Para Kasi Kasrem 162/WB, Dandim 1606/Mataram, Danyonif 742/SWY, KA/ Pa Disjan  serta peserta upacara Militer dan PSN jajaran Korem 162/WB. (Penrem162/WB).

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close