Bupati Hadiri Roadshow Industrialisasi Pemprov NTB di Lotim
Terjemahan

AmpenanNews. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur akan fokus pada pengembangan dan fasilitasi UMKM. ungkapan tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, pada acara talkshow dalam rangkaian Roadshow Industrialisasi Pemerintah Provinsi NTB di Lombok Timur, Rabu (12/10).

Talkshow bersama Gubernur NTB tersebut, juga menghadirkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Direktur Utama Bank NTB Syariah, dengan moderator Pemimpin Redaksi Suara NTB.

Bupati berharap fasilitasi tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas serta industrialisasi bagi UMKM di Lombok Timur. Diharapkan pula dukungan Pemerintah Provinsi NTB dan Bank Indonesia, serta perbankan, termasuk BUMD Bank NTB Syariah. Sebelumnya Bupati Sukiman mengakui dukungan perbankan, terutama Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan kelas UMKM di daerah ini.

Baca Juga :  Pemukiman Warga di Dalam Sirkuit, Pemprov NTB Tidak Akan Biarkan Masyarakat Dirugikan

Bupati juga sempat menceritakan bagaimana kesulitan petani menjual produknya ketikan musim panen tiba. Karena itu Pemda melalui BUMD PD Agro Selaparang membeli hasil panen petani agar tidak mengalami kerugian.

Pada talkshow bertema “Ekosistem Industrialisasi, Diversifikasi Produk Lokal” itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyebut industrialisasi sebagai kebutuhan, bukan sekadar program pemerintah provinsi. Industrialisasi, menurut Gubernur adalah upaya dan kesadaran untuk meningkatkan nilai tambah dengan mengolah, mengemas, ataupun proses lainnya sehingga menambah nilai jual yang lebih kompetitif dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memakai produk lokal, jelasnya merupakan salah satu Langkah mendukung industrialisasi.

Gubernur Zul melihat dari segi diversifikasi produk, Lombok Timur sudah lengkap karena  itu ia optimis dengan dukungan dan kolaborasi berbagai elemen, utamanya perbankan guna mendukung industrialisasi tersebut. Perbankan ini harus diyakinkan untuk berani melawan cara berfikir mainstream, tegas Gubernur.

Baca Juga :  Silaturrahmi Bupati Lotim Disambut Toga, Toma Desa Sukadana

Roadshow industrialisasi yang berlangsung di Lapangan Tugu Selong itu diisi pula bazar produk mulai dari UMKM hingga siswa SMK. Produk yang tersedia mulai dari tenun, pakaian, kuliner, hingga permesinan, yang merupakan karya UMKM Lombok Timur.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments