Terjemahan

Lombok Timur – Guru Besar Madrasah As-Shaulatiyyah Makkah Al-Mukarramah Syakh Abdullah Musthofa Bin Zayyan At-Tilimisani memberikam Da’wah Islamiyah beliau pada puncak peringatan HULTAH Ke-87 Madrasah NWDI di Anjani, Ahad (21/08/22).

Syaikh Musthofa Bin Zayyan adalah salah satu Guru Besar di madrasah As-shaulatiyah Makkah, salah satu perguruan tinggi dengan metode pembelajaran kitab-kitab Klasik.

Madrasah As-Sahaulitiyah, adalah tempat belajara pendiri Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) dan Nahdlatul Banat Diniyyah Islamiyyah (NBDI), Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid yang sekarang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, yang merupakan putra lombok timur dari kalangan ulamak pejuang kemerdekaan.

Madrasah NWDI dan NBDI menjadi cikal bakal berdirinya organisasi besar di Nusa Tenggara Barat besutan Pahlawan Nasional yaitu Organisasi Nahdlatul Wathan (NW).

Pada Pengajian Beliau (Syaikh Musthofa) yang diterjemahkan oleh TGH. Zainal Arifin (Pimpinan Yayasan Munirul Arifin NW Praya), Beliau (Syaik Musthofa) menyampaikan rasa kagumnya pada seluruh Jama’ah yang sangat antusias, hingga memadati medan HULTAH.

Baca Juga :  TGH. Habib Ziadi Pimpin PD NWDI Lombok Tengah

Menurut Beliau (Syaikh Mustofa), banyaknya jama’ah di identikkan dengan jutaan Kaum muslimin yang sedang melakukan wukuf di Padang Arofah.

” Sepertinya saya sedang melihat jutaan orang, yang sedang berada di Padang Arofah,” ucapnya.

Syaikh musthofa bahkan mengisyaratkan, momentum Hultah, yang menjadi momen berkumpulnya Warga Nahdlatul Wathan (NW), adalah ajang silaturrahmi dan tempat bertemunya Jama’ah dengan Pendiri NW (Guru Besar) Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid.

“Keyakinan saya ini karena Keikhlasan, dan ketulasan hati Guru Agung, Guru Besar Maulana Syakh Zainuddin Abdul Majid Al-Anfnani Al-Masyahur dalam membimbing kita,” jelas sayikh Musthofa.

Beliau juga memuji Maulana Syaikh Pendiri NW, sebagai Ulama’, waliyullah, yang memiliki makom yang sangat tinggi.

“Maulana Syaikh Zainuddin Abdul Majid, yang terkenal itu, bukan seorang alim biasa, bukan seorang ulama’ biasa, bukan seorang waly biasa, tetapi melainkan beliau (Syaikh Zainuddin) diatas kesemuanya itu,” pungkas beliau.

Baca Juga :  HIMMAH NW Menyayangkan Pernyataan Kepala Disperin Larang Petani Tanam Tembakau

Lebih lanjut beliau berharap dengan berdo’a agar kepada Allah SWT, Organisasi NW trus berkembang, terus semangat, terus tumbuh seperti yang diharapkan pendirinya.

Selain itu Syaikh Mustofa juga berpesan agar Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan (NW), Maulana Syaikh Hamzanwadi II, untuk tetap tegak sebagai penerus perjuangan pendiri NW.

Kekaguman Syaikh Mustofa juga disampaikan saat Pawai Alegoris sebelumnya. Beliau (Syailkh Musthofa) menyebutkan, lautan manusia saat itu mengingatkan dirinya pada sejarah penting ummat Islam, yaitu ketika Rasulullah SAW, membebaskan Makkah dari orang-orang kafir, yang dikenal dengan kejadian Fathul Makkah.

“Ini mengingatkan saya saat kejadian Fathu makkah, dimana ummat islam merayakan kemenangannya, sama seperti yang saya saksikan, ini juga salah satu sunnah, dan tidak termasuk Bid’ah,” tegasnya.

Baca Juga :  H. Irzani Nahkodai NWDI Kota Mataram

Selanjutnya, Syaikh Musthofa memberikan pesannya kepada para penuntut ilmu, kaitannya dengan etika menuntut ilmu (Belajar).

Menurutnya semua penuntut ilmu secara umum seyogyanya melakukan amalan amalan yang baik, yang bermanfaat untuk mereka sebagai pelajar atau penuntut ilmu.

Syaikh Musthofa juga berpesan agar Pelajar (Penuntut Ilmu) harus mengikuti proses yang diarahkan oleh gurunya, mencontoh apa yang dilakulan oleh gurunya.

Menurut Syaikh, yang tidak kalah penting bagi penuntut ilmu adalah memanfaatkan waktu, terutama setelah sholat isya. Beliau (Syaikh Musthofa) memesankan, agar waktu setelah isya digunakan untuk banyak membaca sholawat.

“Seorang penuntut Ilmu harus sabar, harus mengikuti proses yang diberikan gurunya, dan harus memanfaatkan waktu, utamanya setelah sholat isya, yang seyogyanya dimanfaatkan untuk memperbanyak banya Sholawat kepada Nabi,” pesan Beliau.(tm)


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments