Sekda Hadiri Rapat Koordinasi Dinas Perhubungan NTB

AmpenanNews. Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi M.Si., menghadiri acara rapat koordinasi Dinas Perhubungan NTB, bertajuk “Transportasi Berkeselamatan,” bertempat di Hotel Lombok Raya, Mataram (4/08).

Sebagai wakil Wagub NTB, Miq Gita sapaan akrab Sekda mengatakan Rakor yang bertajuk “Transportasi Berkeselamatan” tema yang sangat tepat sebagai tugas Pemerintah bahkan lebih atas dari idealis, ini adalah tugas dan mandat dari lahirnya bernegara.

Begitu juga sebagai yang mewakili Pemerintah menyampaikan apresiasi atas segala dukungan yang diberikan oleh teman-teman yang bergerak dalam bidang transportasi baik darat, laut dan udara. Sehingga event-event sport tourism berskala Nasional maupun Internasional di daerah dapat berjalan dengan baik.

“Berkeselamatan secara konstitusional di perintahkan Negara melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Oleh karena itu, kita berharap tidak akan terjadi musibah, kita memberikan perlindungan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” tegas Miq Gita.

Miq Gita, menambahkan, penjelasan dari slide yang di paparkan, berbagai penyebab musibah itu terjadi spontan dalam benaknya topik ulasannya adalah Sembalun. Sembalun karena pesonanya yang sedang booming sehingga banyak orang yang tertarik datang kesana. Sementara mereka tidak paham situasi dan kondisi jalan rambu lalulintas dan lain sebagainya.

“Sehingga menjadi atensi Pemerintah Provinsi NTB melalui APBD, Alhamdulillah di Pusuk sudah di lakukan. Untuk 2023 yang akan datang APBN atau memperbaiki lagi jalan-jalan Negara yang lebih referensentatif,” ujarnya.

Disebutkan pula Sekda bahwa kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia karena lalai, main hp saat berkendara, bahkan ada yang baru belajar mengemudi sehingga musibah itu pun terjadi.

“Hal ini perlu kita warning bagaimana mekanisme yang harus kita lakukan dan dipersiapkan membutuhkan kecermatan untuk keselamatan bersama,” pungkasnya.

Dalam laporan Kepala Dinas Perhubungan H. Lalu Fauzal menyebutkan tahun 2021 ada 402 orang kecelakaan dengan meninggal. Kematian yang paling tinggi terdapat di Lombok timur dalam satu bulan ada 40 orang kasus tabrak dan rata-rata itu adalah anak-anak usia muda. Jumlah korban kecelakaan berat ada 235 dan seterusnya. Kebanyakan dari kasus-kasus tersebut ada di sepeda motor.

Ia mengajak kepada penyedia atau dealer sepeda motor untuk menyampaikan pesan-pesan keselamatan bagi masyarakat.

Kadishub, penyebab dari kecelakaan sangat tinggi di daerah NTB salah satu faktor dari manusia yaitu 61%. Lengah, lelah, mengantuk, mabok dan lain sebagainya. Kemudian disebabkan oleh jalan 30% misalnya jalan berlubang, tikungan tajam dan lain sebagainya. Kasus di kendaraan 9% mulai dari rem blong.

“Ini menjadi PR kita bersama, dalam menjawab kecelakaan masyarakat berlalu lintas,” tegas Fauzal.

Pandangan Kadishub, tata tertib berlalulintas masih lemah, karena kasus-kasus kecelakaan banyak terjadi akibat lalu lintas dijalan.

“Saat ini sedang mengusulkan untuk segera dihadirkan ultinitas keselamatan bersamaan dengan Perda percepatan jalan. Karena banyak ruas jalan yang dari sisi integritas keselamatan tidak siap tapi ruas jalan kita sudah begitu bagus,” tutupnya.

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close