Bupati Sebut Penyelenggaraan Festival di Lotim Cukup Intens

AmpenanNews. Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy, sebut  penyelenggaraan festival di Lombok Timur beberapa waktu terakhir ini cukup intens.

Setiap hari selalu ada keramaian di wilayah Gumi Patuh Karya ini. Menurut Bupati, hal itu merupakan pertanda positif ke arah membaiknya perekonomian masyarakat. Begitu pula dengan festival gerabah yang diselenggarakan warga Masbagik Timur pada, Ahad (28/8).

Pemda Kabupaten Lombok Timur, jelas Bupati saaat menghadiri pembukaan Festival Gerabah, terus berupaya untuk memajukan kerajinan gerabah. Tidak saja melalui pelibatan dalam pameran tetapi juga menjembatani dengan pemasaran secara digital. Kendati demikian diakui hasilnya belum seperti yang diharapkan semua pihak. Karena itu ia meminta dukungan Pemda Provinsi NTB, utamanya untuk mendukung permodalan dan pemasaran.

Menjawab hal tersebut, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah mengingatkan Dinas Perdagangan, baik provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Timur untuk membuka pasar, juga melakukan pendefinisian ulang terhadap gerabah.

Menurutnya pendifinisian atau pemaknaan yang keliru akan berdampak pula terhadap teknik pemasaran, target, dan aspek-aspek lainnya. Karena itu ditegaskannya pemaknaan ini menjadi sangat penting.

Ia berharap adanya kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten. Harus dipertimbangkan pula perubahan cara masyarakat beraktivitas sebagai dampak kemajuan teknologi komunikasi. Gubernur Zul juga mengingatkan kesuksesan sebuah event, termasuk festival yang diselenggarakan ini  akan tercermin dari peningkatan penjualan, “sehingga tidak hanya dapat ramainya saja,” pungkasnya.

Festival yang juga menghadirkan para perajin gerabah dengan kesederhanaan peralatannya itu digelar sebagai upaya membangkitkan kembali kejayaan kerajinan gerabah di daerah ini, khususnya di Masbagaik Timur. Dibandingkan era kejayaannya, saat ini jumlah pengrajin gerabah di Masbagik Timur sudah berkurang lebih dari setengahnya, yaitu sekitar seribu orang saja.

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close