Kesehatan Mental dalam Pandangan Islam

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana seseorang memiliki jiwa yang sejahtera, serta batin, serta pikiran kita mersa tenang serta tentram.

Sedangkan Menurut WHO, kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang penting yang perlu di jaga dimana dengan mental yang baik yang kita miliki tentunya akan mampu membuat kita bertindak ke arah lebih logis serta memberikan ketenangan baik fisik maupun batin kita.

Era golbalisasi saat ini dimana ditandai dengan kemajuan zaman yang semakin berkembang pesat dan teknologi yang semakin canggi. Dimana kemajuan zaman berpengaruh terhadap aspek kesahatan mental seseorang.

Semakin majunya zaman saat ini dimana tentunya akan membuat semakin kompleksnya kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang terus mengalami perubahan membuat seringkali seorang individu atau kelompok mengalami kesulitan untuk menghadapi zaman teknologi saat ini.

Tunturan zaman yang dimana kita harus mengikuti dan jika tidak mengikuti akan tertinggal. Hal ini tentunya membuat individu dan kelompok harus mengikuti alur kemajuan zaman saat ini dan tentunya mengambil dampak atau manfaat positif.

Akan tetapi seringkali kemajuan zaman saat ini dimana banyak manusia yang belum mampu untuk menghadapi tuntutan zaman saat ini.

Kemajuan teknologi saat ini meuntut kita untuk mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi akan tetapi seringkali kita kesulitan untuk melakukan perubahan dan dapat menerima dengan cepet perubahan yang terjadi tersebut.tentunya dengan adanya kemajuan zaman yang menuntut manusia untuk mengalami perubahan dan mengikuti arus perubahan tersebut sehingga saat ini banyak sekali orang yang tidak mampu untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman tersebut yang membuat mereka menjadi tertinggal dari kemajuan zaman sat ini membuat mereka menjadi terbelakang, sehingga menyebabkan banyak orang saat ini menganggur karena tidak mampu untuk memenuhi dan mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Tergesernya tenaga manusia menjadi mesin. Kurangnya pengetahuan IPTEK membuat masyrakat sulit memperoleh pekerjaan yang layak, sehingga dengan kebutuhan masyarakat yang semakin terus berkembang membuatnya kesulitan untuk memeproleh sumber penghasilan untuk bertahan hidup yang membuat mereka menjadi kebingungan dan mersa tertekan sehingga menyebabkan mereka menjadi depresi dengan permasalahan hidup mereka karens tidak tahu lagi akan melakukan apa untuk bertahan hidup dan kebutuhan hidup yang semakin bertambah.

Berbagai permasalahan hidup serta pengalaman yang dihadapi menjadi tantangan apalagi di kemajuan zaman saat ini dimana kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan tuntutan zaman yang semakin berkembang, dan dimana kita harus mengikuti perkembangan zaman saat ini agar tidak tertinggal dari kemjuan zaman.

Akan tetapi tuntutan-tuntuan tersebut mebutuhakan proses dan pemebajaran lagi bagi masyarakat. Dimana kemajuan teknologi yang semakin canggih yang dimana menggeser tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Serta dibutuhkannya penguasaan teknologi dan persaingan untuk bisa memperoleh pekerjaan yang semakin ketat, membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan sehingga akan mengganggu batin dan fikiran seseorang karena sulitnya untuk mencari pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Permasalahn yang dihadapi seseorang seringkali membuatnya menjadi stres, menyimpang dari nilai norma serta budaya masyarakat. Hal ini tentunya dimana menyebabkan batin seseorang akan terganggu dan akan menyebabkan seseorang tersebut terkena kesehatan mental.

Kehidupan sehari hari seseorang yang dimana dengan tuntutan pekerjaan, permasalahan pertemana dan keluarga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami tekanan batin. Yang dimana tekanan batin yang di alami seseorang tentunya dapat membahayakan fisik seseorang. Dimana seseorang tersebut mampu untuk melukai diri mereka sendiri karena mereka tidak mampu untuk mengendalikan emosi, perbuatan serta tingkah lakunya.

Dalam kehidupan yang kita jalani tentunya kita pernah mengalami penyakit mental tersebut dimana kita merasa kebingungan, tidak ada arah dan tujuan, tidak bisa mengendalikan emosi dan juga tidak mampu menahan rasa kecewa, gelisah bahkan rasanya ingin terus menangis. Dalam mengahadapi kehidupan tentunya akan selalu ada rintangan yang kita lewati seiring dengan semakin bertambahnya waktu. Walupun peremasalahan kecil yang kita hadapi akan tetapi seringkali kita kebingungan untuk mengahadapii permasalahan tersebut.

Penyakit mental atau suatu permasalah hidup yang kita alami seringkali menjadi beban yang kita pikir untuk sulit di obatai, dan seringkali kita kesulitan untuk bisa mengobati bahkan kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk bisa mengelurkan diri dari penyakit batin yang dapat menggangu metal kita. Walupun kita sudah pergi berobat akan tetapi belum tentu batin kita bisa merasa tenang.

Dimana tentunya penyakit mental ini jika kita lihat lebih lanjut tentunya akan bisa di redakan dengan apa yang kita lakukan dan perbuat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dimana tentunya setiap agama yang kita yakinin dan jalankan selalu meberikan dan mengajarkan kearah kebaikan. Dalam hal ini akan lebih mebahas terkait dengan kesehatan mental dengan persepktif agama islam.

Dimana dalam psikologi kesehtan mental yaitu kita mampu untuk menciptakan dan memenuhi rohani dan jasmani yang sehatan. Dalam psikologi Islam dikenal adanya kepribadian seorang Muslim di mana unsur-unsur keimanan pada diri manusia sangat dominan terhadap diri seseorang ketika menghadapi gangguan-gangguan jiwa atau tekanan batin, atau dimana kita merasakan rasa tidak tenang tidak nyaman, gelisah dan mersakan kebingunnga akan dapat menggangu aktivitas dan kesehtan kita.

Penyakit mental yang diderita seringkali kita kesulitan untuk menghadapi dan mengobatinya, akan tetapi penyakit mental ini bukan hanya bisa di obatin dengan pengobatan medis saja akan tetapi dalam agama islam dimana kita di anjurkan untuk melakukan segala perintah sang pencipta dan menjauhi segala laranganya. Dimana kita di anjurkan untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT. Berserah diri dan terus berdoa dan memintak pertolongannya. Dalam Islam dimana mental yang sehat ialah mental yang memiliki iman dan taqwa kepada Allah Swt,

Dengan hal tersebut tentunya dapat mengendalikan sikap, tindakan, tingkah laku, serta pola pikir dalam kita menghadapi berbagai persoalan dan permasalahan hidup. Karena dalam hidup akan selalu ada rintangan dan permasalahn yang kita hadapi.
Kita seringkali kesulitan untuk menghadapi permasalahan kita, dimana seringkali kebingungan untuk bisa berbagi dan menceritakan permasalahn kita kepada siapa.

Seringkali kita emosional dan tidak dapt mengendalikan diri kita sendiri. Dimana ketika batin kita merasa tertekan dan kita memiliki permasalah yang sangat besar dimana dalam agama islam kita sering di anjurkan untuk sering-sering membaca dan mengamalkan Al- Qur’an dimana Al-Qur’an menjadi pedoman hidup bagi umat muslim.

Dengan kita membaca dan mendengarkan Al-Qur’an tentunya kita akan merasakan ketenangan jiwa. Dimana juga ketika kita ada masalah tempat kita mengadu dan mencurhatkan segala permasalah kita yaitu kepada Allah SWT. Dimana tentunya kita berdoa meminta dan mengadu kepada Allah agar kita di berikan solusi dan diberikan kekuatan untuk menghadapi hidup ini. Dimana saat kita melaksanakan solat dan setelah solat kita berdoa dan mencurhatkan segala permasalahan kita, dimana kita seringakli merasakan rasa tenang dan sediki beban kita mulai menghilang.

Kesehatan mental menjadi salah satu hal penting untuk kita jaga dimana tentunya cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kesehtan mental yaitu dengan cara kita melakukan segala perintah sang pencipta dan menjauhi segala larangnnya. Dan tentunya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Disusun Oleh
Rada Destiani (L1C019097)

PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MATARAM
2022

 

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close