Pengurus ASLI diresmikan dalam Sangkep Agung dengan “Sembeq Buraq”

AmpenanNews. Dalam Kongres pertama sekaligus peresmian kepengurusan dengan “Sembeq Buraq” dalam Sangkep Agung Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI) yang dihadiri oleh Diaspora Suku Sasak di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, pada tanggal 14 sampai 15 Mei 2022 yang dilaksanakan di Kota Mataram.

Usai melaksanakan Kongres Pertama, seluruh peserta dan pengurus ASLI silaturrahmi dan ramah tamah ke Kediaman Pemban Majelis Adat Sasak (MAS) Drs. H. Lalu Azhar,. Tim Media AmpenanNews langsung meliput kegiatan tersebut.

Dalam Kongres pertama ASLI tersebut terpilih secara aklamasi, Ketua Umum, Lalu Mas’ud, ST.,MT., perwakilan dari Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sekertaris Jendral Mahrip, S.Pd, perwakilan dari Kota Palopo dan sebagai Bendahara Umum, H. Rizal Yasri, perwakilan dari Provinsi Bali.

Setelah melaksanakan Kongres Pertamanya, ASLI beserta Majelis Adat Sasak (MAS) mengadakan Sangkep Agung (Rapat Agung) untuk mengukuhkan kepengurusan ASLI dengan melakukan “Sembeq Buraq” (Pemberian Tanda dikening menggunakan Pinang dan Sirih serta Kapur Sirih yang sudah dilumar) merupakan tanda bahwa pengurusan ASLI tidak bisa diganggu gugat, Sah secara Hukum maupun Adat.

Pelaksanaan Sembeq Buraq tersebut langsung dilakukan oleh Pemban MAS, Drs. H. Lalu Azhar (Mantan Wagub NTB tahun 1995, bersama H. Lalu Serinata (Mantan Gubernur NTB), disaksikan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Dzulkieflimansyah, selaku Pengerakse Gumi NTB, Prof. Dr. H. Mansur Ma’sum (Pemucuk Wali Paer MAS),
H. Lalu Suryadi Jaya Purnama (Anggota DPR RI Dapil Lombok), Lalu Bayu Windiya (Ketua Harian Majelis Adat Sasak NTB), dengan seluruh pengurusnya dan para tokoh adat masyarakat adat Sasak serta perwakilan Diaspora Masyarakat Suku Sasak Lombok seluruh Indonesia.

” kegiatan Sangkep Agung ini merupakan acara peresmian Pengurus Aliansi Sasak Lombok Indonesia, dimana Majelis Adat Sasak (MAS) merestui dan menyetujui hasil dari Kongres pertama ASLI yang diadakan di Kota Mataram dan dihadiri oleh Diaspora Masyarakat Sasak Lombok baik di Nasional maupun International,” kata Ketua Koordinator Ritual Adat Majelis Adat Sasak ( MAS ) Lalu Abdurrahiem, S.pD. MPD. alias Miq Ahiem ( Mamiq Jagat).

Video saat pengukuhan Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI)

 

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close