Universitas Mataram Lepas 166 Mahasiswa Kampus Mengajar III
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menggelar Pelepasan Mahasiswa Kegiatan Kampus Mengajar III Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2022 di gedung Dome Unram pada Selasa, 1 Maret 2022.

Dalam acara pelepasan ini turut hadir Wakil Rektor, Dekan Fakultas, dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas di lingkup Universitas Mataram, serta Kepala Biro Akademik perencanaan Perencanaan dan Kerjasama Unram, Ketua Program Studi (Kaprodi) di bawah Rektor Unram, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar III Unram, dan Mahasiswa Kampus Mengajar III Unram.

Dr. Dadi Setiadi, M.Sc. selaku person in charge (PIC) pada saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa terdapat 166 mahasiswa yang siap melaksanakan program MBKM, yang di antaranya berasal dari prodi Ilmu Hukum, prodi Biologi Murni, prodi Teknik Informatika, prodi Teknik Elektro, dan sebagian besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Baca Juga :  Jelang IATC dan WSBK Polres Loteng Ungkap Kasus Penggelapan Kendaraan

Mahasiswa yang mengikuti program MBKM nantinya dibimbing oleh DPL, yang tidak hanya berasal dari Unram melainkan dari beberapa perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Hamzanwadi, STIKES Mataram, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Dadi juga berpesan kepada para mahasiswa yang hadir, agar memberikan yang terabit ditempat mengajar.

“Anda ditugaskan menjadi peserta Kampus Mengajar III Unram bukan karena Anda sendiri, tetapi atas izin Universitas. Oleh karena itu, mohon Anda di lapangan nanti membawa nama baik Unram. Kerjakan yang terbaik sesuai dengan tujuan dari kampus mengajar.” Kata Dr. Dadi.

“Ada satu pepatah; di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Karena lingkungan universitas dan lingkungan sekolah itu berbeda. Oleh karena itu, mohon kepada para mahasiswa untuk bisa berbuat yang terbaik untuk meningkatkan literasi dan generasi anak bangsa,” tambahnya.

Baca Juga :  SDN 4 Labuhan Haji Gelar Karya dan Pentas Seni

Kepada para DPL, Dr. Dadi Setiadi, M.Sc. juga mengingatkan untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin agar target program MBKM itu dapat tercapai.

Salah satu tujuan utama dilaksanakannya program MBKM ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar memperoleh pengalaman lebih di lapangan, yaitu selama 60 SKS. Dengan rincian 20 SKS di dalam kampus dan 40 SKS di luar kampus.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Agusdin, SE., MBA., DBA. mengatakan bahwa semua perangkat peraturan atau keputusan untuk MBKM sudah ada kebijakan.

“Alhamdulillah teman-teman di prodi sudah menjalin kerja sama dengan prodi-prodi yang lain yang ada dalam lingkup Unram dan dengan universitas-universitas lain. Bahkan kampus-kampus yang dipilih menjadi mitra kerja sama adalah kampus-kampus yang terkemuka.”papar Agusdin saat menyampaikan sambutan.

Baca Juga :  MTQ XXIX Tingkat Provinsi akan berlangsung di Kabupaten Lombok Timur

Ia juga berharap para mahasiswa yang mengikuti program MBKM ini dapat memberikan kontribusi dan meningkatkan kuallitas SDM baik di bidang literasi-literasi, teknologi, perencanaan atau pelaksanaan program-progam desa, kewirausahaan, dan yang lainnya.

“Sehingga hasil dari mengikuti program MKBM ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja, namun dapat memberikan manfaat secara nyata di tengah-tengah masyarakat,”tegasnya.

Diakhir acara, Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor secara resmi melepas mahasiswa kegiatan Kampus Mengajar III Program MBKM tahun 2022.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments