Terjemahan

Lombok Barat – Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat mendapat pengahrgaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Sesaot dinobatkan sebagai juara 4 pada katagori penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dan di berikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

 

Kepala Desa Sesaot Yuni Hariseni mengungkapkan rasa bangganya Desa Sesaot bisa mendapat penghargaan peringkat 4 penerapan CHSE terbaik secara nasional.

 

Disetiap destinasi, akomodasi, kuliner, home industry dan di setiap pengerajin souvenir yang ada di Desa Sesaot tetap menerapkan CHSE.

 

“ Itulah mengapa kita bisa mendapat penghargaan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Yuni

Baca Juga :  IPSI NTB Bangkit, Sukses Gelar Open Tournament Gubernur Cup 2022

 

Diakui Yuni, dalam peoses penilaian dan vitasi atau kunjungan langsung oleh Sandiaga Uno ke Desa Sesaot beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan persiapan panjang dengan melibatkan lembaga, pengelola serta para pelaku wisata dan masyarakat yang ada di Desa Sesaot.

 

“Sesaot masuk nominasi Anugrah Desa Wisata Indonesia hingga masuk peringkat ke 4 kategori CHSE tidak terlepas juga dari dukungan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dan juga Provinsi yg selalu mendampungi,” imbuh Yuni.

 

Senada dengan Yuni, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ajudinnur juga menggungkapkan rasa bangganya karena usaha yang dilakukan bersama masyarakat Desa Sesaot memiliki hasil dan mendapat apresiasi oleh Kemenparekraf.

Baca Juga :  Positif Wabah Covid-19 Lobar Berpotensi Untuk Bertambah

 

“Kita mendapat penghargaan itu tidak terlepas dari support teman-teman di dinas.” serunya.

 

Ia juga megatkan penerapan CHSE di setiap area public di Desa Sesaot, memang menjadi proiritas selama pandemi, seperti menyediakan tempat cuci tangan, thermogun, hand sanitizer dan lain-lainnya.

 

Tidak kalah pentingnya, kata Ajudinnur, sebelum penggunjung masuk destinasi, petugas akan menghimbau untuk selalu menggunakan masker.

 

Dalam hal keamaan serta kebersiahan, masyarakat terutama remaja dan pedagang sudah sadar dan memiliki rasa tanggung jawab untuk memelihara lingkungan secara bersama-sama, sehingga menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung.

 

Sementar itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat H. Saepul Akhkam juga merasa bangga dengan pencapaian Desa Sesaot dalam ADWI 2021. Meraih empat besar untuk kategori CHSE baginya sangat menggembirakan.

Baca Juga :  Kodim 1606/Lobar Sambut Hari Juang TNI AD Dengan Reboisasi

 

Menurutnya, pencapaian tersebut menjadi bukti proses adaptasi destinasi wisata terhadap kondisi pandemi saat ini dan sekaligus menjadi bukti kolaborasi semua pihak.

 

“Terutama dengan dorongan program Kampung Sehat oleh Polda NTB,” kata Akhkam.

 

5 Destinasi Wisata Terbaik Katagori CHSE

Juara 5 Desa Wisata Ekowisata Burai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan

Juara 4 Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Juara 3 Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong, Mojokerto, Jawa Timur

Juara 2 Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta

Juara 1 Desa Wisata Kampung Betawi, DKI Jakarta


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments