Terjemahan

Mataram – H-1 babak besar Lombok Brewers Cup (LBC) 2021, para barista peserta ikuti sesi Coffee Talk yang di gelar di Vilasa Room, Svarga Resort Lombok, Sabtu (6/11/2021).

Sesi Coffee Talk yang merupakan rangkaian kegiatan dari LBC 2021 ini menghadirkan sejumlah pakar kopi nasional seperti Andika Adjie dari Q Arabica/Robusta Grader ICE Sensory Judges, Grabielle KF, Professional Barista hingga Champion IBC tahun 2011 dan 2013 Doddy Samsura.

Pada sesi ini, para barista yang hadir bisa mendapatkan informasi tentang sejarah kopi, pengolahan kopi dari penanaman, panen, pasca panen, penyimpanan, roast, hingga ke tips brewing untuk mengangkat secara maksimal taste kopi dari para professional.

Baca Juga :  Lagu Bernuansa Budaya Sasambo Kental di Festival Pesona Senggigi

“Barista adalah ujung tombak sebelum kopi sampai ke penikmat, jadi perannya sangat penting untuk memeperkenalkan kopi lokal,” ujar Andika Adjie, yang juga merupakan salah satu juri di babak besar besok.

Merutnya, barista lah yang seharusnya punya kemampuan untuk mempresentasikan ciri khas dan mengangkat potensi dari kopi suatu daerah.

“Saya tadi coba langsung robusta di sini, di luar perkiraan saya, yang awalnya saya pikir paling rasanya biasa ja, malah ternyata enak, ada cirinnya, ada rasa pahit tebal seperti coklat gitu,” cetus Adjie.

Baginya itu adalah modal besar bagi Kopi Lombok, atau NTB untuk bisa naik level dan bisa bersaing dengan kopi dari daerah lain.

Baca Juga :  Senggigi Akan Meriah Lagi dengan Event Welcome to Senggigi

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar Saepul Akhkam menyebut jika komunitas kopi yang ada di Lobar maupun NTB adalah salah satu komponen penting dalam pentahelix kepariwisataan sekarang ini.

“Peran mereka penting karena mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk kontes atraksi kepariwisataan, disamping ada pelengkap event-event yang lain,” ucap Akhkam

Ia juga mengatakan jika kegiatan LBC 2021 bisa sebagai ajang berbagi gagasan sesungguhnya untuk membangun visi yang sama untuk membangun kepariwisataan di Lobar.

Terakhir dia mengucapkan selamat kepada 36 peserta yang berhasil melalui babak kualifikasi dan berhak bertanding di babak besar yang akan dilaksanakan besok (7/11) di tempat yang sama.

Baca Juga :  The Beautiful Bride of Sasak Lombok, Penutup Event Festival Pesona Senggigi 2021

Babak 36 besar LBC 2021 sendiri akan dilaksanakan sengan sistem compulsory dan akan mengambil 10 barista dengan skoring terbaik untuk bertanding di babak final dengan sistem open service di hari yang sama.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments