Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Lombok Timur
Terjemahan

AmpenanNews. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lombok Timur gelar Rapat Koordinasi pada Jumat (22/10) di Ruang rapat Bupati Lombok Timur.

TPID ini terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Bagian Ekonomi, serta unsure TNI-Polri.

Bupati H.M. Sukiman Azmy, dalam arahannya pada rapat tersebut mengingatkan posisi Lombok Timur sebagai Kabupaten penyangga kawasan super prioritas Mandalika. Karena itu penting bagi pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat.

Atas dasar itu Bupati kemudian meminta agar seluruh OPD yang memiliki proyek fisik dapat segera melaksanakan kegiatannya. Hal ini menigingat belanja pemerintah masih menjadi salah satu harapan besar dalam pergerakan ekonomi di daerah ini.

Baca Juga :  Bantuan Mulsa Petani Bawang Putih Sembalun Optimis Rampung Desember

Bupati kembali menekankan target realisasi APBD pada akhir triwulan ke empat atau akhir tahun mendatang mencapai minimal 95 persen.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur, Lalu Putradi, menyampaikan pentingnya pengendalian inflasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Dipaparkannya berdasarkan pemantauan data, fakta, dan fenomena melalui survey di lapangan, BPS Lombok Timur memperkirakan pertumbuhan positif bagi perekonomian Lombok Timur tahun 2021.

Pertumbuhan di sejumlah sektor seperti pertanian, perdagangan dan konstruksi, produksi, juga penggalian mengalami peningkatan tak kurang dari lima persen. Kondisi tersebut seiring belanja modal Pemerintah dan peningkatan mobilitas orang dan barang pasca menurunnya grafik pandemi covid-19. Akan tetapi ia mengingatkan angka pasti akan dirilis setelah tahun 2021 berakhir.

Baca Juga :  Wabup Tekankan Kesiapan dan Dukungan Masyarakat Terhadap Investasi Daerah

Selain itu berdasarkan penjelasan OPD teknis, stok pangan Lombok Timur umumnya aman hingga Desember, bahkan ada pula yang masih cukup hingga awal tahun 2022 mendatang. Sedangkan dari sisi harga kebutuhan pokok fluktuatif, dengan sejumlah komoditas yang harganya stabil, seperti beras, bawang merah, dan daging ayam ras. Sementara komoditas lainnya seperti telur dan daging sapi mulai mengalami sedikit kenaikan.

Pada rapat yang berlangsung di Ruang rapat Bupati tersebut disepakati bahwa setiap OPD teknis melaporkan secara rutin kondisi pangan Lombok Timur untuk diolah TPID. Data tersebut akan dilaporkan TPID ke Provinsi untuk tindaklajut. Langkah ini sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan di seluruh wilayah provinsi NTB.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments