Bupati Mengakui Keunggulan Masing Masing Desa di Lombok Timur
Terjemahan

AmpenanNews. Bupati Kabupaten Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy, mengakui masing-masing desa di Lombok Timur sudah menunjukkan keunggulannya. Ia mencontohkan Kembang Kuning yang telah berhasil meraih predikat Desa wisata terbaik, sementara desa Kumbang masuk dalam 10 besar menjadi Desa yang menerapkan keterbukaan informasi disusul oleh Desa Tetebatu yang sekarang tengah diperjuangkan sebagai desa wisata terbaik di tingkat Internasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati pada acara penyerahan 91 SK Desa Wisata dan Peresmian destinasi wisata Embulan Boroq Dewi Anjani, Desa Anjani, Kecamatan Suralaga.

SK Desa Wisata tersebut diserahkan Bupati Secara simbolis diwakili Desa Anjani, Pringgasela, Ekas Buana, Sembalun Bumbung, dan Tetebatu.

Tujuan utama pembangunan pariwisata, ungkap Bupati Sukiman adalah, menciptakan lapangan kerja dan sebagai sumber Pendapatan, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD), devisa, dan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk pembangunan.

Baca Juga :  Pemkab Lotim Terapkan PPKM Mulai Hari Rabu 14 Juli 2021

Desa wisata menjadi salah satu upaya untuk membangun pariwisata berbasis potensi lokal.

Lombok Timur saat ini lanjutnya, memiliki 91 Desa Wisata. “Desa wisata tersebut dapat dikatagorikan sebagai desa wisata mandiri, Desa wisata maju, dan Desa wisata berkembang” ungkapnya.

Desa wisata tersebut sebelumnya dikuatkan oleh SK Dinas Pariwisata. Demi meningkatkan dan mengembangkan desa wisata Pemerintah kabupaten Lombok Timur kemudian meningkatkan status Desa Wisata melalui SK Bupati.

Sementara itu kaitannya dengan destinasi wisata Embulan Boroq Dewi Anjani, Bupati berharap dapat meraih prestasi, seperti halnya tiga Desa yang telah disebutkan Bupati sebelumnya. Selain itu Bupati juga menyarankan agar adanya jalan alternatif menuju lokasi tersebut. Disarankan pula konsep agro wisata untuk pengembangan destinasi.

Baca Juga :  TNI-Polri dan Satgas Lotim Lakukan Penjemputan Masyarakat

Bupati berpesan kepada Kepala Desa dan masyarakat setempat, diharapkan Desa Anjani dapat dikembangkan sebagai Kampung Arab, seperti Tetebatu Selatan yang telah mengembangkan Kampung Inggris.

Hadir pada acara tersebut, jajaran Forkopimda, OPD, serta Camat, Kepala Desa, BPD, Tokoh Pemuda, dan masyarakat setempat.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments