Wagub NTB, Posyandu Dusun Dahe Bisa Jadi Contoh di Loteng
Terjemahan

AmpenanNews. Wakil Gubernur (Wagub) NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah berharap Posyandu Keluarga Mekarsari, Dusun Dahe, menjadi contoh bagi posyandu lainnya di Kabupaten Lombok Tengah.

“Karena Posyandu Keluarga di Lombok Tengah masih dibawah lima puluh persen”, ujar Wagub di Dusun Dahe, Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Loteng, Kamis (12/08).

Wagub berpesan, kesehatan adalah kemewahan apalagi ditengah pandemi. Ia berharap warga terus memanfaatkan Posyandu dan kader tetap bersemangat dengan keterbatasan.

Posyandu Mekarsari, Dusun Dahe, Desa Mujur melayani 137 kepala keluarga. Seperti dikatakan Kepala Posyandu yang juga Ketua Forum Posyandu Praya Timur, Nur Faizah, kunjungan Posyandu selama 2021 terus meningkat dan mencapai seratus persen.

Baca Juga :  Danlanal Mataram Hadiri Rapat Penanganan Covid-19

Layanan yang terdiri dari ibu hamil, balita, lansia dan remaja itu meski belum sepenuhnya mengedukasi warga tentang masalah sosial lain seperti buruh migran, perkawinan anak dan narkoba atau bank sampah, namun banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya pemberian makanan tambahan yang berlangsung setahun penuh yang dibiayai sendiri dari dana yang dikumpulkan masyarakat.

” Meski belum sepenuhnya mengedukasi warga tentang masalah sosial lain seperti buruh migran, perkawinan anak dan narkoba atau bank sampah, namun banyak inovasi yang dilakukan. Belum terintegrasi tapi layanan konseling yang selalu dimanfaatkan oleh remaja selain tentang kesehatan juga dibekali informasi tentang itu”, jelasnya. Khusus remaja, tercatat sedikitnya 95 orang berkunjung setiap bulan dengan kasus umum anemia dan reproduksi.

Baca Juga :  KPPU Kantor Wilayah IV Kunjungi Wagub NTB

Faizah menambahkan, meningkatnya status Posyandu Mekarsari yang ditandai penyerahan sertifikat oleh Wagub menumbuhkan semangat warga maupun kader.

“Walaupun dengan lima orang kader selama ini kami berbuat maksimal dibantu oleh nakes Puskesmas juga.Salah satunya pemberian makanan tambahan yang berlangsung setahun penuh yang dibiayai sendiri dari dana yang dikumpulkan masyarakat.” tutupnya.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments