Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Labuhan Haji Mengadakan Sosialisasi Sampah Dan Lomba Mewarnai

Lombok Timur – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Ada berbagai program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN sesuai dengan tema yang mereka terima. Begitupun dengan mahasiswa KKN Unram periode Juni-Agustus 2021 yang berlokasi di Desa Labuhan Haji, Lombok Timur.

Mendapatkan tema Zerowaste, para mahasiswa KKN Unram Desa Labuhan Haji mengadakan sosialisasi tentang sampah sekaligus lomba mewarnai kepada para siswa-siswi di TPQ Dusun Esot Desa Labuhan Haji. Kegiatan itu diikuti oleh sekitar seratus siswa yang terdiri dari siswa SD dan TK di Dusun Esot, Desa Labuhan haji, (Kamis, 22/7).

Kepala TPQ Dusun Esot, Labuhan Haji mengatakan, bahwa dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat bisa mengetahui bagaimana caranya untuk mengurangi dan memilah sampah yang ada di sekitar kita.

Sosialisasi disampaikan oleh Purnama Suardi yang menjabat sebagai sekretaris KKN Unram Desa Labuhan Haji. Sosialisasi disampaikan sekitar 25 menit yang membahas sampah seperti apa itu sampah, jenis-jenis sampah, dampak adanya sampah serta cara mengurangi sampah.

Setelah mendengarkan sosialisasi, para peserta diajak menjawab pertanyaan terkait dengan materi sosialisasi dengan berbagai hadiah menarik. Para peserta sosialisasi tampak bersemangat menjawab berbagi pertanyaan yang diajukan menandakan mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

kkn tematik unram 2021 labuhan haji
Suasana lomba mewarnai

Acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh 40 siswa yang terdiri dari 25 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Mereka diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan mewarnai gambar yang telah disiapkan. Para pemenang dipilih langsung oleh para Mahasiswa KKN dan diberi hadiah berupa alat tulis sekolah.

“Kegiatan sosialisasi dan lomba mewarnai ini merupakan salah satu program unggulan mereka dalam membantu Desa Labuhan Haji menangani masalah sampah di lingkungan Desa. Menurutnya kegiatan ini diharapkan mampu mendorong generasi muda khususnya anak-anak di Desa Labuhan Haji untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan desa mereka dengan membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkan kembali sampah sehingga dapat mengurangi dampak buruk adanya sampah bagi lingkungan”, Jelas Wawan selaku Ketua KKN Labuhan Haji.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close