Desa Kumbang, Wakil Provinsi, Menerapkan Keterbukaan Informasi Publik
Terjemahan

AmpenanNews. Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, mewakili Provinsi NTB sebagai desa yang menerapkan Keterbukaan Informasi Publik.

Desa Kumbang masuk dalam kategori 10 besar desa terbaik nasional untuk keterbukaan Informasi. Karena itu pada, Jumat (27/8) dilakukan Penilaian Apresiasi Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional Tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik, sebelum membuka penilaian menyampaikan desa yang memiliki Sistim Informasi Desa (SID) relatif lebih tangguh, utamanya pada masa pandemi ini.

Ia, mengingatkan perubahan informasi terkait pandemi terus berkembang dan membutuhkan perhatian masyarakat. Masyarakat di Desa yang memiliki SID memiliki kemudahan untuk mengakses informasi tersebut yang berdampak terhadap berbagai aspek, termasuk ekonomi dan kesehatan mental warganya.

Baca Juga :  Pemilik Mata Air Ambung Berang, Direktur PDAM Diminta Belajar Soal Hukum

Sekda juga mengakui pentingnya keterbukaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan desa yang dapat terwujud salah satunya dengan keterbukaan informasi.

Karena itu Sekda mengapresiasi Desa Kumbang dengan apa yang telah dilakukan dan dicapai.

Ia menambahkan penerapan keterbukaan informasi publik tengah diupayakan di tingkat kabupaten melalui penerapan kota pintar (smart city). Diakuinya penerapan di tingkat kabupaten membutuhkan upaya lebih optimal.

Terkait penilaian, Sekda Juaini, berharap saran dan masukan tim penilai untuk perbaikan peningkatan keterbukaan informasi di Desa Kumbang dan berharap desa ini dapat meraih hasil terbaik.

Harapan sama disampaikan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi (ASE KI) Pusat, Wafa Patria Umma, agar Desa Kumbang dapat menjadi yang terbaik, meskipun tentunya daerah lain yang juga mengikuti kegiatan ini memiliki harapan serupa. Namun begitu ia mengingatkan bahwa Desa Kumbang sudah dapat dijadikan model bagi pengembangan Desa Keterbukaan Informasi, baik di NTB maupun di Lombok Timur.

Baca Juga :  Pj Bupati Lotim Ikuti Wawancara Paritrana Award 2024

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan singkat di Halaman Kantor Desa Kumbang ini dihadiri pula Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Suaed, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat secara luring dan OPD serta desa lainnya secara daring.

Sementara itu Kepala Desa Kumbang, M.Taufik, menyampaikan, ucapan rasa syukur atas terpilihnya Desa Kumbang mewakili provinsi NTB dalam lomba penerapan Sistim Informasi Desa (SID) tingkat nasional.

“Saya tidak pernah menyangka Desa Kumbang akan mewakili NTB dalam lomba (SID) tingkat nasional ini, semoga apa yang sudah dicapai hari ini dapat diikuti oleh Desa-desa yang lain di Kab.Lotim” ucap dan harapnya saat ditemui.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments