RGYF Resmi Terbentuk untuk Kembangkan Geopark Rinjani
Terjemahan

AmpenanNews. Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark membentuk sebuah wadah bernama Rinjani Geopark Youth Forum (RGYF). Wadah ini merupakan sebuah forum yang berisi pemuda-pemudi berusia 18 hingga 24 tahun yang ada di seluruh Kawasan Geopark Rinjani Lombok, guna menyadari pentingnya peran pemuda untuk ikut menjaga kelestarian alam.

Dalam acara pelantikan RGYF dilaksanakan di Pusat Informasi Geopark Rinjani – Sembalun pada hari Kamis, 1 Juli 2021. Anggota RGYF dilantik langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Drs. H. Surya Bahari dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Yusron Hadi.

Sambutannya Kadispora, Drs. H. Surya Bahari, yang mewakili Sekda NTB selaku Ketua Dewan Pengarah Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark, menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap terbentuknya RGYF yang digagas oleh Dewan Pelaksana Rinjani Lombok UGGp.

Baca Juga :  Pj Bupati Lotim Hadiri Acara Penyepakatan Pertanian Pangan Berkelanjutan

“Walaupun tidak didukung anggaran yang memadai, dengan konsep kolaborasi dengan banyak pihak, kegiatan besar RGYF 2021 ini bisa dilaksanakan dengan sukses,” tuturnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Yusron Hadi, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas lahirnya RGYF. Kehadiran forum RGYF ini, disebut Kadispar, akan sangat membantu upaya Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kepariwisataan pulau Lombok.

“Kehadiran adek-adek RGYF selain berperan sebagai Geopark Rinjani Ambassador, kami juga angkat anda semua sebagai duta wisata pulau Lombok,” kata Yusron disambut tepuk tangan meriah para peserta RGYF 2021.

RGYF sendiri menjadi sebuah forum tempat para pemuda-pemudi berkreasi menuangkan gagasan konkrit dan kreatif dalam ikut mengembangkan pengembangan Geopark Rinjani melalui pendekatan 3 (tiga) pilar geopark yaitu pilar Konservasi, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan.

Baca Juga :  HUT ke 48 Korpri, PNS TNI di NTB Gelar Karya Bhakti

Mendapatkan pemuda-pemudi yang benar-benar serius dan berkualitas, Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (UGGp) telah melakukan serangkaian tahapan seleksi. Dimulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan tahapan terakhir adalah dalam bentuk pembekalan dengan menggunakan metode learning by experience kemah sambil belajar (EDUCAMP) sebanyak 4 (empat) seri Pembekalan yang diadakan setiap minggu selama satu bulan penuh.

Sekitar 220 orang peserta yang mendaftar tersisa sekitar 46 orang saja yang berhasil menyelesaikan semua tahapan dan dilantik menjadi anggota Rinjani Geopark Youth Forum (RGYF) Angkatan I tahun 2021.

Pelantikan ditandai dengan pemasangan secara simbolis Jaket RGYF oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga & Kepala Dinas Pariwisata NTB didampingi oleh GM Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark kepada Muh.

Baca Juga :  Penyerahan Piagam Penghargaan OPIN WTP ke-XI

Hapip Rahmat Hidayat dan Ade Rizky Ananda selaku ketua dan Sekretaris RGYF Angkatan I yang dimalam sebelumnya telah dipilih secara demokratis oleh seluruh peserta RGYF yang hadir. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Proposal project terbaik, pemenang game Amazing Race, Pemenang Design Logo dan Pemenang Postingan media Sosial.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Iskandar Zulkarnain, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda NTB, Kepala KPH Rinjani Timur H. Lalu Ayub Zainudin, Perwakilan Dinas LHK NTB, Perwakilan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Perwakilan BKSDA NTB, Komite Sembalun 7 Summits dan perwakilan Komunitas Sembalunina.

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments