Wakil Bupati KSB Imbau Warga Tidak Mudik ke Luar Daerah

AmpenanNews. Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin mengimbau warga agar tidak melakukan mudik ke luar daerah. Hal itu untuk mengurangi pergerakan masyarakat dan mencegah penyebaran Covid-19 menjelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Kalau mudik di dalam wilayah Kabupaten Sumbawa Barat misal saja dari Sekongkang ke Taliwang itu boleh, tetapi warga dari Sumbawa Barat ke Sumbawa atau sebaliknya diusahakan jangan melakukan mudik, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Wakil Bupati Sumbawa Barat yang akrab disapa Bang Fud saat melakukan sidak di pelabuhan Poto Tano, Sabtu (8/5).

Arahan Bang Fud tersebut sesuai dengan arahan pemerintah Pusat dan Pemprov NTB agar seminimal mungkin warga tidak melakukan mudik antara kabupaten yang menyebabkan kerumunan dan penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan sidak di pelabuhan penyebrangan Poto Tano bersama Dandim 1628/KSB, Kapolres Sumbawa Barat, Kajari KSB dan sejumlah kepala OPD. Bang Fud memantau langsung kegiatan pos pelayanan pemeriksaan kendaraan di gerbang pelabuhan.

“Perlu diketahui, pelabuhan Poto Tano tetap buka 24 jam tetapi tidak untuk penumpang, akan tetapi khusus logistik, kegiatan pimpinan yang mendesak serta orang yang sakit hendak berobat,” katanya.

Bang Fud menambahkan, kendaraan logistik atau barang diperbolehkan menyebrang karena sifatnya untuk kebutuhan dan perekonomian, begitu juga dengan kendaraan emergency yang membawa pasien yang sakit dirujuk ke Provinsi.

Bang Fud juga menyampaikan kepada Tim Gugus tugas Covid-19 dari Dinas Kesehatan di posko pelabuhan Poto Tano agar dilakukan rapid test kepada para supir kendaraan yang menyebrang secara acak untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19.

“Kepada para petugas dari TNI Polri juga agar tetap menjaga kondisi kesehatan, laksanakan tugas sesuai SOP dari satuannya masing-masing,” tutur Bang Fud.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK MH juga mengimbau para supir kendaraan yang menyebrang dari Poto Tano ke Pelabuhan Kayangan agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan pakai sabun atau membawa handsanitiser.

“Tetap waspada di perjalanan karena moment menjelang Idulfitri sangat rawan adanya tindakan pidana,” kata Kapolres.

Kapolres juga memberikan semangat kepada anggota di Pos Pelayanan Poto Tano yang sedang bertugas agar tetap menjalankan tugas dengan baik dan melayani masyarakat secara maksimal.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close