Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin, SE., MBA., DBA
Humas Unram
Terjemahan

AmpenanNews. Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sekaligus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 telah usai pada Sabtu (1/5) lalu. Tahun ini, tercatat 12.114 peserta UTBK-SBMPTN mengambil ujian di Universitas Mataram (Unram).

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin, SE., MBA., DBA mengaku pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

“Dibanding tahun sebelumnya, lebih bagus malah tahun ini,” sebut Agusdin saat ditemui Humas Unram diruang kerjanya di gedung Rektorat Unram, Kamis (6/5) siang kemarin.

Hal ini menurutnya, karena tahun sebelumnya ditemukan peserta yang melakukan kecurangan dengan membawa peralatan elektronik yang memungkinkan untuk memfoto, merekam, kemudian menyebarluaskan soal ujian kepada server/oknum yang terhubung melalui peralatan elektronik yang digunakan.

Baca Juga :  Ketua TP PKK NTB, Wisuda 34 ABK di Sekolah Luar Biasa 2 Mataram

“Ada yang kita temukan peserta yang membawa alat-alat (perekam elektronik dan sejenisnya, red.) karena sebelumnya tidak ada metal detector,” bebernya.

Doktor Ahli Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram ini mengatakan pelaksanaan UTBK tahun ini tidak ditemukan lagi kasus serupa, karena peserta telah melalui pengecekan metal detector sebelum memasuki ruang ujian.

Selain itu menurutnya, karena jumlah peserta yang gagal pada UTBK tahun ini dalam arti peserta yang tidak mengikuti tes karena datang terlambat atau karena sakit, juga relatif berkurang.

“Kalau tidak datang itu bukan gagal,” imbuhnya.

Dijelaskan, bahwa kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK ini adalah 50 persen, sedangkan melalui jalur SNMPTN sebesar 20 persen dan melalui jalur Mandiri sebesar 30 persen. Sehingga total seluruh mahasiswa baru yang akan diterima Unram di tahun akademik 2021/2022 adalah sebesar 7.040 orang. Dia juga menuturkan bahwa pengumuman hasil UTBK dijadwalkan bulan Juni mendatang.

Baca Juga :  Bencingah Desa Ranggagata Jadi Ajang STQ ke XXVI

“Pengumuman UTBK rencananya 14 Juni sesuai dengan yang dijadwalkan LTMPT,” pungkasnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments