Unram Komit Naik Peringkat di Klasterisasi PT 2021
Humas Unram
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Mataram (Unram) terus bergerak mencapai visinya menjadii lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025 nanti.

Untuk itu, berbagai upaya juga telah dilakukan Unram untuk meningkatkan mutu akreditasi ke arah unggul dan akreditasi/sertifikasi internasional.

Diantarnya langkah yang dilakukan adalah dimana saat ini Unram tengah mengembangkan pendidikan berbasis capaian atau OBE (Outcome Based Education).

Hal ini menjadi sangat penting dilakukan karena sebagai salah satu syarat akreditasi/sertifikasi internasional. Selain itu, Unram juga selalu berkomitmen untuk tetap mengupayakan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU 8) perguruan tinggi untuk menjaga mutu dan kualitas.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum, mengatakan bahwa pengembangan pendidikan berbasis capaian atau OBE menjadi sangat penting sebagai salah satu syarat akreditasi/sertifikasi internasional.

Baca Juga :  Sekolah Lapangan Meteorologi Penerbangan Provinsi NTB 2021

Menurutnya bahwa akreditasi internasional program studi/institusi adalah salah satu media strategis karena langsung menunjukkan kualitas capaian (outcome) pendidikan.

Karena akreditasi/sertifikasi Internasional di era globalisasi saat ini juga menjadi penting sebagai jaminan kualitas perguruan tinggi di mata publik internasional. Selain sebagai media pengenalan, untuk membuka langkah menjalin kerjasama internasional

“Perlu adanya penyesuaian atau adopsi kurikulum dan implementasi kurikulum program studi berbasis capaian,” tekannya dalam acara Workshop Pengembangan Pendidikan Berbasis Capaian/Outcome Based Education (OBE) yang digelar secara daring oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unram, Kamis (6/5).

Untuk itu Prof Husni, meminta seluruh Dekan maupun direktur pascasarjana agar bersama-sama dengan LPMPP untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan dalam mencapai akreditasi unggul/akreditasi internasional.

Baca Juga :  Rektor Unram Sebut Perlu Kolaborasi Berbagai Disiplin Ilmu untuk Persiapkan Produk Hukum

Senada dengan rektor, Ketua LPMPP Unram Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc., mengatakan pengembangan pendidikan berbasis OBE ini menjadi sangat penting. Terutama dalam rangka pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU) guna mengimplementasikan kebijakan sMBKM maupun dalam rangka persiapan akreditasi ke arah unggul maupun sertifikasi internasional.

,“Pengembangan pendidikan berbasis capaian ini juga untuk meningkatkan kompetensi lulusan Universitas Mataram, agar alumni kita nanti lebih siap kerja maupun lebih siap menciptakan pekerjaan,” tandasnya.

Dia membeberkan bahwa kegiatan workshop kali ini merupakan rangkaian kegiatan workshop yang nantinya berseri, dalam rangka pengembangan pendidikan berbasis capaian. Hal ini untuk mempersiapkan akreditasi dan sertifikasi nasional maupun internasional baik untuk program studi maupun institusi.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments