Pendidikan Profesi Guru Digelar Unram
Humas Unram.doc
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Mataram (Unram) menggelar perkuliahan tahap pertama Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Angkatan I (satu) secara virtual, Jumat (9/4/2021), yang diikuti 137 peserta.

“Selamat datang secara daring di kampus Universitas Mataram,” ucap Rektor Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum., saat membuka kegiatan.

Prof. Husni pada kesempatan itu mengungkapkan, tantangan dunia pendidikan dari hari ke hari semakin berat. Meski demikian, ia percaya dan yakin bahwa kualitas pendidikan sebagian besar bergantung pada kualitas guru. Sebab hasil kajian menunjukkan 60 -70 persen mutu pendidikan ditentukan oleh guru.

“Oleh sebab itu, pemerintah dari waktu ke waktu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas guru,” paparnya.

Baca Juga :  Para Alumni Awardee Beasiswa NTB Pada Acara Bincang Gemilang

Dijelaskan, karena itulah pemerintah membuat regulasi bahwa semua guru harus berpendidikan minimal S1 dan bersertifikat pendidik. Sehingga setelah menempuh sarjana, semua guru harus mengikuti program peningkatkan kualitas misalnya melalui sertifikasi guru. Sertifikasi guru saat ini dilaksanakan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Meskipun PPG ini dilaksanakan melalui New Model, saya yakin saudara-saudara mampu mengikutinya dengan baik,” ujar Guru Besar Ilmu Hukum Unram ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) Unram Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc berharap dengan bergabungnya peserta PPG Daljab Angkatan I ke dalam FKIP, menjadikan mereka bagian dari civitas akademika yang turut mengemban visi fakultas untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa di manapun mereka bertugas.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham NTB, Terima Lima Mahasiswa Unram Magang

“Oleh karenanya, kami sangat mengimbau agar bapak ibu dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PPG Daljab ini dengan tekun dan disiplin,” pesannya.

Ia pun mendorong seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan yang ada untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka, sebagaimana yang diamanatkan oleh pemerintah melalui sertifikasi pendidik. Meski kegiatan perkuliahan PPG Daljab digelar secara daring.

Senada dengan Dekan FKIP, Kordinator Pelaksana PPG Daljab Angkatan I Dr. Wildan, M.Pd mengimbau kepada seluruh peserta, bersungguh-sungguh untuk mengikuti kegiatan yang memakan waktu empat bulan ini. Mengingat selepas melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), setiap peserta harus membuat dan mengunggah tiga video pembelajaran, tiga jurnal pembelajaran dan tiga laporan PPL

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments