Rektor Universitas Mataram Kukuhkan 313 Peserta Lulusan PPG


AmpenanNews. Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum mengukuhkan dan menyerahkan sertifikat kepada 313 orang peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Acara pengukuhan dan penyerahan sertifikat guru profesional ini digelar secara daring melalui Zoom, Kamis (11/2) lalu.

“Sebagai Rektor dan segenap civitas akademika Universitas Mataram mengucapkan selamat dan apresiasi kami kepada saudara-saudara yang sudah lulus dalam mengikuti program PPG di Unram,” tutur Prof. Husni.

Begitu juga Rektor mengingatkan, tantangan dunia pendidikan dari hari ke hari semakin berat, demikian halnya tantangan para guru akan semakin berat pula. Berbagai tantangan tersebut menurutnya, harus diatasi dengan mengembangkan kapasitas dan kemampuan masing-masing secara mandiri. Selain itu mereka harus selalu mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi secara cepat.

“Berkaryalah dengan sebaik-baiknya sebagai guru profesional dengan mengembangkan model-model pembelajaran yang bermakna bagi siswa, terutama pada saat kita semua menghadapi pandemic Covid-19 seperti sekarang ini,” pesannya.

Pada kesempatan itu pula, Dr. Wildan selaku Kordinator Pelaksana PPG Daljab FKIP Unram menyampaikan, peserta PPG Daljab tahun 2020 ini berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Dia mengaku bahwa tingkat kelulusan PPG kali ini lebih rendah dari tahun sebelumnya. Dia menjelaskan, penurunan tingkat kelulusan ini terjadi di semua LPTK bahkan terjadi secara nasional.

“Hal ini kemungkinan disebabkan karena pelaksanaan PPG dalam jabatan 2020 secara utuh dilaksanakan secara daring yang memungkinkan terjadinya kendala teknis, kecuali ujian kompetensi yang dilaksanakan secara luring,” ungkapnya.

Unram pada tahun 2020 ini mampu meluluskan 313 orang dari 587 orang atau kelulusannya mencapai 53,32%. Sementara secara nasional, tingkat kelulusan tahun 2020 mencapai 52, 85%.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram Prof. Dr. Wahab Jufri, M.Sc menyampaikan ucapan terima kasih atas berbagai dukungan dari unsur pimpinan universitas, sehingga program PPG tahun 2020 ini berjalan dengan lancar.

Prof. Jufri berharap apa yang telah diperolah oleh lulusan berupa ilmu, keterampilan dan juga bukti profesionalisme dengan adanya sertifikat pendidik, bisa menjadi bekal lulusan untuk melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai pendidik profesional. Selain itu dia mengingatkan, lulusnya peserta PPG juga menjadi tanda bahwa mereka telah menjadi alumni Unram meski PPG dilaksanakan secara daring.( HumasUnram/Forta).


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close