Bupati Terus Berupaya Dapat Tingkatkan IPM Kabupaten Lombok Timur

AmpenanNews. Bupati Kabupaten Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, berkomitmen untuk terus dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lotim, hal tersebut Ia sampaikan dalam giat seminar yang dilakukan secara daring (Webinar), Kamis (4/2/2021).

“Pemerintah Daerah akan mengupayakan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Lombok Timur yang dimana saat ini masih berada pada posisi ke-8 dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),” ucapnya

Adapun bagian dari komitmen Pemkab Lotim saat ini dalam meningkatkan IPM Lotim, digitalisasi upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan angka Stunting, akan dilakukan.

Bupati, memastikan tahun 2021, pada anggaran perubahan, program tersebut akan mulai dilaksanakan, bekerjasama dengan Sehati Group.

“Saya menaruh harapan besar terhadap penurunan AKI, AKB, dan stunting menjadi lebih signifikan di Kabupaten Lombok Timur,” harapnya.

Untuk diketahui, Kasus AKI, AKB, dan stunting masih menjadi persoalan di Lotim, mengingat Lombok Timur sesuai dengan data Provinsi, untuk AKB menempati posisi tertinggi dengan angka mencapai 171 dari 516 kematian di Provinsi NTB.

Sementara untuk angka kematian ibu, angkanya mencapai 29 kasus dari 97 kasus di Provinsi NTB.

Upaya digitalisasi melalui Tele-CTG yang merupakan alat cardiotocography portable, diharapkan dapat memberikan data akurat kondisi ibu hamil,  sebagai deteksi dini faktor risiko kehamilan sekaligus mendorong peningkatan kemampuan bidan dalam pengumpulan data untuk evaluasi program, serta dapat menjadi bentuk monitoring tenaga kesehatan & ibu hamil pada fasilitas kesehatan.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close