Terjemahan

AmpenanNews. Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menjadi Pembina pada Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam yang berlangsung, Kamis (12/11).

Pada apel yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur tersebut, Sekda membacakan amanat Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal.

Intensitas dan kompleksitas bencana saat ini dinilai telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang sangat besar. Selain itu bencana juga berdampak terhadap aktivitas dan produktivitas, utamanya keberlangsungan dunia usaha dan mata pencaharian masyarakat.

Seperti disampaikan BMKG, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasuki musim penghujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada November 2020 hingga Februari 2021 mendatang.

BMKG juga memperingatkan potensi hujan lebat dan angin kencang serta bencana alam lainnya, termasuk tanah longsor dan banjir.

Baca Juga :  Persetujuan Raperda RAPBD Lotim dalam Sidang Paripurna DPRD

Disampaikan juga, bencana alam akan sangat berdampak secara sosial seperti, menyebabkan kerugian ekonomi. Karena itu dibutuhkan langkah-langkah antisipasi penanggulangan secara nyata dalam bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk kehadiran Negara di Tengah-tengah masyarakat dalam setiap bencana”. Tandasnya.

Sementara itu Kapolres Kabupaten Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio, menekankan sudah sepatutnya semua pihak tanggap terhadap perkiraan terjadinya bencana dan siap siaga serta bersinergi sampai tingkat terbawah, guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

” Siap siaga serta bersinergi sampai tingkat terbawah, guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan.” Ungkapmya.

Baca Juga :  Koramil Hu'u Berikan Wasbang di SMKN 1 Hu'u Dompu

Apel Kesiapsiagaan tersebut diikuti Kodim 1615/Lombok Timur, Polres Lombok Timur, Dinas Perhubungan, Pemadam kebakaran, PRC/SAR, Tagana, Satpol PP, PMI, dan Linmas.

Kegiatan ditutup dengan pemeriksaan peralatan dan kelengkapan yang akan digunakan dalam mengantisipasi bencana alam di daerah Lotim.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments