Poktan Gandeng Universitas Mataram Latihan Pembuatan Sabun


AmpenanNews. Kelompok tani (Poktan) Tunas Harapan Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggandeng Universitas Mataram (Unram) Fakultas MIPA program study Kimia untuk memberikan Pelatihan Pembuatan Sabun Souvenir berbasis minyak Non Edible Oil pada Kamis 15 Oktober 2020.

H. Wirahadi selaku Ketua Poktan menjelaskan, pelatihan itu untuk memberdayakan anggota kelompok tani setempat, agar anghotanya mempunyai jiwa wirausaha yang dapat meningkat perekonomian mereka.

“Agar UMKM tumbuh di Desa Jago yang memiliki produk unggulan sendiri sehingga dapat bersaing dengan Desa-Desa lain di Lombok Tengah.” ungkap pria yang akrab disapa Tuan Wir itu.

Prof. Erin Riantin Gunawan, Ph.D. selaku Ketua Riset Oleo Kimia dan anggota beserta perwakilan mahasiswa hadir memberikan materi pelatihan.

“Ke depan Desa Jago dan Poktan Tunas Harapan akan menjadi binaan kami dalam pengembangan produk UMKM lokal.” ungkapnya.

Roni Setiawan yang mengikuti pelatihan tersebut mengaku, pelatihan itu membuatnya semangat dan berharap ilmu yang diperoleh dalam pelatihan itu dapat dia kembangkan, sehingga dirinya mempunyai usaha baru untuk menopang perekonomian keluarganya.

Selaku generasi petani melenial, Roni menilai pelatihan tersebut selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, pelatihan itu juga dirasa sangat membantunya untuk mengembangkan diri dalam bidang wirausaha.

“Ditengah kurangnya lapangan kerja dengan adanya pelatihan ini menjadi harapan baru bagi petani melenial seperti saya untuk membentuk UMKM sebagai mata pencaharian.” katanya..


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close