Humas Unram to Forta
Terjemahan

AmpenanNews. Setelah sebelumnya berada di posisi ke-103 dari total 2.327 perguruan tinggi seluruh Indonesia, pada tahun akademik 2019/2020 Simkatmawa Universitas Mataram melejit ke posisi 57.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si., Rabu (2/9).

“Allhamdulillah, naik 59 persen. Sebelumnya, tahun akademik 2018/2019 Unram ada di urutan ke-103,” ucapnya.

Simkatmawa merupakan sebuah sistem pemeringkatan yang dijadikan acuan bagi kementerian dan perguruan tinggi (PT), dalam melaksanakan pelaporan kinerja atau prestasi bidang kemahasiswaan yang dilaporkan secara online (daring), melalui laman Simkatmawa Kemendikbud oleh masing-masing PTN dan PTS di Indonesia.

Dimana pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong PT untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, sehingga dapat menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa di bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional demi kemajuan Indonesia.

Baca Juga :  Bidkeu Polda NTB Raih Juara Satu: Kali Ini Bidang UAPPA-W

Prof. Enny mengatakan, melesatnya capaian yang diraih pihaknya berkat kerja keras seluruh civitas akademika, dalam meningkatkan kuantitas maupun kualitas program-program bidang kemahasiswaan.

“Beberapa program kemahasiswaan tersebut antara lain Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kegiatan non lomba/rekognisi seperti mahasiswa yang mendapatkan penghargaan, karena pendaftaran hak paten atau memiliki hak cipta, sebagai juri atau tutor nasional maupun internasional, pemakalah atau speaker conference seminar nasional atau internasional serta menjadi peserta dalam pameran internasional dan nasional,”jelasnya.

Selain itu, lanjut Guru Besar Ilmu Peternakan Unram itu, juga sebagai hasil kegiatan atau aktivitas wirausaha mahasiswa, pertukaran mahasiswa nasional maupun internasional, pengabdian masyarakat, dan prestasi kokurikuler maupun ekstra kurikuler mandiri.

Baca Juga :  Sukseskan Zero Waste, Wagub NTB Resmikan " The Gade and Gold "

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh civitas akademika Unram untuk melalukan evaluasi guna meningkatkan kegiatan-kegiatan di bidang kemahasiswaan, demi kemajuan Universitas Mataram. Forta.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments