Terjemahan

AmpenanNews. Tim Gabungan dari Satgas Pangan Polda NTB Bersama dengan Dinas Perdagangan Prov NTB dan Dinas Perdagangan Kota Mataram telah melakukan Sidak, untuk Mengimbau kepada para pedagang pasar tradisional tentang adanya berita hoax terkait penutupan pasar tradisional pasca beredarnya isu virus corona dan melakukan monitoring harga bahan pokok di pasar tradisional serta pasar modern yang berada di Kota Mataram. pada hari Jumat, pukul 08.30 wita,tanggal 20 Maret 2020.

Dalam kegiatan Sidak tersebut Tim dipimpin langsung oleh Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol Ekawana selaku Kasatgas Pangan daerah NTB dan Staf Tim Satgas Pangan Polda NTB didampingi oleh Sekretaris Perdagangan pada Dinas Perdagangan Prov NTB bersama Staf serta Kabid PDN Dinas Perdagangan Kota Mataram. Hasil kegiatan imbauan dan monitoring di pasar tradisional terhadap pedagang.

Pasar yang didatangi olehTim Satgas Pangan, pasar tradisional Kebon Roek tim telah melakukan pemantauan harga dan imbauan Hoax tentang adanya isu penutupan pasar tradisional, kemudian tim menjelaskan bahwa tidak ada penutupan pasar tradisional, setelah itu tim melakukan monitoring harga bahan pokok.

Baca Juga :  Kapolda Membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi Humas

“Harga Beras Premium Rp 65.000-,/5 kg, sedangkan Beras Medium Rp 55.000-/5 Kg, Dan harga Gula Pasir Rp 17.000-, / KG bahan-bahan pokok dan sembako bisa di jual sampai satu minggu kedepan tergantung jumlah masyarakat yang membeli bahan pokok tersebut.” Kata Haji Ismail salah satu pedagang sembako di pasar Kebon Roek Ampenan kepada Tim Satgas Pangan Polda NTB dan Instansi terkait .

Selesai dari pasar Kebon Roek Tim Satgas Pangan melaksanakan pengecekan dipasar Tradisional Mandalika perwakilan Dinas perdagangan dan Dir Reskrimsus Polda NTB melakukan imbauan berita hoax tentang penutupan pasar pasca isu virus Corona ( Covid-19 ).

” Harga gula pasir yang dijual adalah merk Tambora untuk stok baru masih tersedia sekitar 5 TON sedangkan gula pasir Tambora stok lama masih tersedia sekitar 2 TON , untuk harga gula dari Tambora Rp 15.000-, harga jual Rp 15.200-, sedangkan untuk harga yang dijual eceran Rp 16.500-, / KG.” Kata pemilik UD Bintang Mujur, Made Mahardika, kepada Tim Satgas Pangan bersama kepala Pasar Mandalika.

Baca Juga :  Danlanal Mataram Hadiri Peringatan Hari Legiun RI

Selanjutnya monitoring dan pengecekan harga sembako di Pasar Pagesangan bersama Rusiyah selaku kepala pasar pagesangan telah di lakukan imbauan berita hoax tentang isu penutupan pasar yang beredar dimasyarakat.

Adapun harga bahan pangan dan pokok di pasar Pagesangan : Gula pasir eceran di jual Rp 17.000-, / KG , Minyak Goreng merek Bimoli 2 L Rp 25.000-, sedangkan Minyak Goreng Merek Sovia 1 L Rp dijual seharga Rp. 15.000-, untuk stok minyak goreng dan gula pasir masih cukup banyak tersedia di pasar Pagesangan.

Sedangkan hasil pengecekan harga sembako yang dilaksanakan di pasar modern (Hypermart) telah dilakukan imbauan terkait penutupan pasar- pasar pasca adanya isu virus corona ( COVID-19). Adapun harga bahan pokok di hypermart, untuk ketersediaan gula pasir di hypermart sudah habis terjual 1 minggu yang lalu sebanyak 1 Ton dan di jual seharga Rp 12.500-, / KG. Untuk persediaan gula pasir di hypermart masih menunggu suplai dari gudang hypermart pusat, Beras Premium Rp 64.000-,/5 kg untuk pembelian semua beras di Hypermart hanya bisa membeli maksimal 10 KG beras per konsumen, Minyak Goreng merek Filma 2 L Rp. 28.990-, Minyak Goreng merek Cemara 2 L Rp. 26.990-, untuk ketersediaan barang pokok seperti gula , minyak goreng dan beras yang akan di suplai ke wilayah-wilayah di seluruh indonesia telah di atur dari pusat hypermart.

Baca Juga :  Rapat Umum Pemegang Saham PDAM, Bupati Lombok Timur Kecewa

” Kepada masyarakat luas agar jangan percaya dengan hoax tentang isu akan ditutupnya pasar-pasar karena Pemerintah menjamin ketersediaan Sembako disuluruh pasar baik tradisional maupun pasar modern . Dan khusus kepada yang membuat hoax, Polri akan menindak tegas terhadap siapapun yang dengan sengaja membuat dan menyebarkan berita bohong. ” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K., M.Si. melaluli siaran pers tertulis kepada media AN.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments