Terjemahan

AmpenanNews. Senin, 06 Januari 2020 pukul 20.31.53 WITA, wilayah Bima diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 8,17 LS dan 118,52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km barat laut Bima, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 14 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bima II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ).

Baca Juga :  Kembali Tercatat 7 Kali Gempa Dirasakan Dimataram

Hingga pukul 20.55 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan.

” Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. melalui rilis WAGnya.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments